Home » Kualitas Air dan sungai » Tiga Papan Reklame di Kanal Barat

Tiga Papan Reklame di Kanal Barat

Selain tiang papan reklame dicopot. usut juga SIAPA yang telah memberikan ijin untuk memasang tiang reklame sembarangan. Pastinya pejabat Pemerintah Provinsi menerima imbalan (kickback) dari perusahaan reklame !

 

Selasa,05 Februari 2013

SEMPADAN SUNGAI

 

Jakarta, Kompas – Kawasan sempadan sungai masih belum terbebas dari bangunan di luar kepentingan sungai. Tiga papan reklame besar, misalnya, masih berdiri berderet di tepi Kanal Barat yang ada di sempadan sungai, di sisi Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat.

Tiang penyangga papan reklame itu berada sekitar 4 meter dari bibir kanal. Saat banjir besar melanda Jakarta pertengahan Januari lalu, ada satu papan reklame besar yang berdiri di tepi Kanal Barat itu yang dibongkar petugas karena fondasi tiang reklame ikut tergerus air dari dinding kanal yang jebol.

Ganggu infrastruktur

Arsitek lanskap, Nirwono Joga, Senin (4/2), mengatakan, keberadaan papan reklame tersebut mengganggu infrastruktur sungai.

”Secara prinsip, bangunan lain yang tidak ada kepentingannya dengan sungai bisa membahayakan struktur bangunan sungai. Karena itu, kawasan sempadan sungai harus bebas bangunan,” ucap Nirwono.

Area sempadan sungai ada di kiri-kanan aliran sungai. Seharusnya, kawasan sempadan sungai digunakan sebagai jalur inspeksi atau jalur hijau saja.

Pelanggaran di area sempadan sungai, menurut Nirwono, terjadi akibat area sempadan sungai tidak terolah baik sehingga dianggap kawasan tidak bertuan. Buntutnya, kawasan itu dijadikan area komersial dan digunakan untuk papan reklame.

Selain itu, ada banyak instansi yang berkepentingan di situ. Pengelolaan sungai ada di bawah Kementerian Pekerjaan Umum atau Dinas Pekerjaan Umum, sementara pemasangan papan reklame ada di bawah kewenangan Dinas Pendapatan Daerah, Penertiban dan Pengawasan Bangunan serta Tata Ruang. Adanya sejumlah institusi ini kerap tidak dibarengi dengan koordinasi yang baik.

Nirwono menambahkan, selain di Kanal Barat di Jalan Latuharhary, penyalahgunaan sempadan sungai juga terjadi di Cakung Drain.

Jokowi perintahkan copot

Secara terpisah, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sepakat dengan pembersihan bangunan di sepanjang jalur air.

”Sudah saya perintahkan semua reklame yang ada di tanggul itu dipotong, dicopot, di mana pun,” ujar Jokowi, Minggu.

Dia menegaskan, di tanggul-tanggul tersebut tidak boleh ada benda apa pun selain bangunan tanggul. (ART/FRO)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s