Home » Transportasi Publik Jakarta » Naik Waterway Mumpung Gratis

Naik Waterway Mumpung Gratis

Jum’at, 15 Februari 2013 | 05:49 WIB

TEMPO.CO, Jakarta–Bagi anda warga penghuni rumah susun sewa (rusunawa) cepatan merasakan sensasi naik jalur laut Marunda-Muara Baru sebelum tiket resmi diterapkan. “Selama evaluasi kami berikan cuma-cuma alias gratis pelayaran bagi warga Marunda,” ujar Kepala Unit Pengelola Angkutan Perairan dan Kepelabuhanan Dinas Perhubungan DKI Jakarta Tri Hendro Surjatno, Kamis, 14 Februari 2013.

Evaluasi waterway mesti dilakukan untuk mengetahui kelemahan pelayanan bagi warga, fasilitas itu tergolong baru diterapkan bagi warga kedua jalur kawasan itu. “Makananya dari evaluasi ini akan kita ketahui apa saja nanti perbaikannya,” kata dia. (Lihat juga: Jokowi Resmikan Waterway dan Koridor Baru Busway)

Tri mengakui hingga kini belum ada tiket resmi yang diterapkan Pemerintah DKI, namun ke depannya tiket resmi untuk rute laut Marunda-Muara Baru bakal segera diterbitkan. “Permanen terus (Gratis) tidak juga, namun tidak tahu hingga berapa lama, saya menunggu intruksi dari pimpinan,” kata dia.

Hari ini jalur tranportasi laur Waterway Marunda-Muara Baru resmi beroperasi, sebanyak dua kapal jenis kerapu dioperasikan untuk mengangkut warga dari kedua kawasan itu. Dengan rute itu, perjalanan kedua wilayah hanya ditempuh sekitar 30 menit, atau berkurang hingga 50 persen jika menggunakan jalur darat yang melintasi kawasan perdagangan Tanjung Priok.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, sebanyak dua perahu tetap siaga menunggu penumpang, menggunakan landasan buatan dari bahan plastik. Untuk memudahkan warga, petugas sengaja membuatkan satu unit tangga besi untuk menaikan dan menurunkan penumpang.

JAYADI SUPRIADIN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s