Home » Jakarta Pedestrian » DKI, Kota Modern-Manusiawi

DKI, Kota Modern-Manusiawi

Kota yang sudah ringsek begini apa bisa jadi modern dan manusiawi ???

 
Rabu, 06 Maret 2013
 
 

 

 

Jokowi Prioritaskan 9 Isu Strategis dalam RPJMD 2013-2017

Jakarta, Kompas – Selama lima tahun ke depan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan membawa Jakarta menjadi kota yang modern, tertata rapi, layak huni, dan manusiawi. Jokowi memprioritaskan sembilan isu strategis, terutama persoalan menahun yang mendera Jakarta.

Hal itu disampaikan Jokowi di dalam Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Selasa (5/3), saat memaparkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2017.

”Jakarta akan menjadi kota modern yang tertata rapi, menjadi tempat hunian yang layak dan manusiawi, memiliki masyarakat yang berkebudayaan, dengan pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan publik,” kata Jokowi.

Sebagai gubernur, Jokowi juga berambisi menjadikan Jakarta sebagai kota yang konsisten dengan tata ruang wilayah yang telah dirumuskan. Jokowi juga ingin menjadikan Jakarta bebas dari masalah-masalah menahun, seperti macet, banjir, permukiman kumuh, dan sampah.

Isu strategis

Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menelaah sembilan isu strategis yang menjadi perhatian khusus.

”Isu-isu itu berdampak signifikan bagi daerah karena sifatnya penting, mendasar, dan mendesak,” ujarnya.

Kesembilan isu strategis itu adalah pengembangan sistem transportasi; antisipasi banjir, rob, dan genangan; peningkatan kualitas lingkungan perumahan dan permukiman kota; peningkatan kualitas dan kuantitas ruang terbuka hijau; pengurangan ketimpangan ekonomi dan perluasan kesempatan kerja; pembangunan budaya multikultur; peningkatan pelayanan publik; peningkatan kualitas kesehatan masyarakat; dan peningkatan kualitas pendidikan.

Sejajar ibu kota lain

Sebagai Ibu Kota negara, Jokowi juga ingin membawa Jakarta bisa sejajar dengan kota lain di dunia dan berdaya saing global.

Untuk menuju ke sana, Jokowi membuat kebijakan pengembangan transportasi melalui pembangunan angkutan massal cepat (MRT), fasilitas parkir antarmoda, dan ruas jalan tol dalam kota.

Untuk penanganan banjir, dilakukan penataan Kanal Timur, program Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI), terowongan multifungsi, dan pembangunan waduk tangkapan air di hulu.

Pengembangan perumahan mengarah ke pembangunan rumah susun sederhana dan apartemen bersubsidi, sementara pengembangan ekonomi kota dilakukan dengan kerja sama kawasan ekonomi khusus.

Air bersih dan air limbah akan ditata dengan sistem perpipaan. Adapun penyediaan energi dikembangkan dengan jaringan pipa gas bawah tanah, pembangunan stasiun pengisian bahan bakar gas, dan peningkatan ketersediaan suplai listrik.

”Jadi jelas, nanti lima tahun ke depan kita mau apa. Itu gambaran yang akan kami kerjakan,” ujar Jokowi.

Pedoman dasar

Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan berharap, RPJMD ini benar-benar menjadi dasar pedoman bagi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk menyusun rencana strategis.

”Yang penting dan mendesak untuk dilakukan sekarang adalah peningkatan sumber daya manusia, infrastruktur, penanggulangan bencana, dan transportasi,” kata Ferrial.

Ironinya, banyak anggota DPRD tidak menghadiri rapat paripurna tersebut. Dari 94 anggota Dewan, hanya 40 orang yang hadir dalam rapat.

Pengamat perkotaan Yayat Supriyatna mengingatkan, RPJMD juga harus bersinergi dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DKI Jakarta.

”Setiap rencana, minimal, sudah mengantisipasi masalah pendanaan agar tidak sekadar menjadi rencana,” katanya.

Gubernur juga harus memprioritaskan masalah yang paling penting dan mengantisipasi jika salah satu program tidak dapat dijalankan sepenuhnya.

Jajaran SKPD juga harus mampu menjabarkan RPJMD dalam bentuk program yang terukur dan jelas indikator pencapaiannya.

”Indikator harus dibuat agar bisa dievaluasi tingkat keberhasilannya,” ujar Yayat. (FRO)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s