Home » Kualitas Air dan sungai » Krisis Air Baku, Jokowi Targetkan Tambah Pasokan

Krisis Air Baku, Jokowi Targetkan Tambah Pasokan

inilah.com
Oleh: Fadhly Dzikry
metropolitan – Senin, 1 April 2013 | 18:12 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan akan menambah pasokan air baku bagi warga Jakarta. Saat ini Jakarta mengalami defisit air hingga 10 meter kubik per detik, karena Waduk Jati Luhur yang selama ini menyediakan air baku, hanya mampu memenuhi sebesar 80 persen dari total kebutuhan warga Jakarta.

“Itu memang harus secepat-cepatnya diusahakan tambahan, yang sekarang ini kan dari mana, jatiluhur, lewat kanal barat, kita pake itu baru 18.000 liter per detik kurang, harusnya untuk jakarta itu tambah 5000 lagi sehingga harus dikejar,” ujarnya di Balaikota DKI Jakarta, Senin (1/4/2013).

Pria yang akrab disapa Jokowi itu menargetkan pada tahun 2015 nanti Jakarta sudah mempunyai pasokan air baku yang cukup, namun dia mengakui belum menganggarkan hal tersebut dalam anggaran 2013. “Baru tadi pagi bicara itu, saya kejar, tapi memamg belum di anggarkan 2013. Padahal kita mau ngejar 2015, sehingga nanti di perubahan, harus dipasang,” katanya.

Dalam melakukan penambahan pasokan air baku tersebut, mantan Walikota Solo itu mengatakan pihaknya akan bekerjasama dengan kementrian pekerjaan umum (Kemen PU). “Ya kita nanti dengan PU, kerjasama dengan yang lain, tapi kita ini kan menyiapkan, bukan, bukan, water treatmennya. Kalau yang tambahan lima ribu tadi, sehingga jadi dua puluh tiga ribu,” jelasnya.

Jokowi menambahkan ada kemungkinan setelah penambahan pasokan air baku tersebut akan dikelola secara bisnis. “itu memang nanti masuknya di bekasi, disna water treatment baru di tarik ke buaran, setelah itu nanti ada mungkin dikelola secara bisnis” katanya.

Dia menyatakan bahwa dalam mengelola air baku tersebut, Jakarta sudah terlambat, namun dirinya mengusahakan pada pertengahan tahun 2013 pasokan air baku di Jakarta dapat terpenuhi.

“Tapi yang jelas kita ini sangat terlambat gitu, mengantisipasi itu, saya yang ngejarnya ini yang kewalahan, tapi ini lah kita usahakan nanti pertengahan tahun ini akan kita segera laksanakan. Tahun 2015 yang lima ribu itu benar-benar ada, maka kalau itu tambahan ada hemat” tandasnya.[bay]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s