Home » KUALITAS BIROKRASI » Pemprov Siapkan Sistem Seleksi

Pemprov Siapkan Sistem Seleksi

Minggu,
07 April 2013

Sosialisasi Lelang Jabatan Dilanjutkan Hari Ini

Jakarta, Kompas – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus menyempurnakan sistem daring untuk seleksi terbuka jabatan camat dan lurah. Sosialisasi tentang seleksi terbuka mulai digelar di sejumlah wilayah, Kamis (4/4). Calon lurah dan camat harus memahami masalah dan punya solusi kreatif.

Sistem dalam jaringan (daring) atau online untuk pendaftaran dan beberapa tes bisa diakses di situs http://www.jakgov.go.id. Kepala Bidang Pengendalian Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Slamet mengatakan, situs web itu masih dalam penyempurnaan sehingga belum bisa diakses.

”Ada beberapa menu yang bisa diakses peserta dalam sistem online itu. Peserta juga bisa langsung melihat berapa skor yang diperoleh pada setiap tahap yang dilalui,” kata Slamet.

Slamet menjelaskan, menu pertama adalah seleksi administrasi. Pelamar memasukkan data sesuai yang ditentukan dalam situs. Input data bisa dilakukan di lokasi mana pun, dari rumah ataupun warung internet. Jika lolos seleksi administrasi, peserta akan mendapatkan kartu peserta untuk seleksi tahap berikutnya.

Selanjutnya peserta yang lolos akan menghadapi tes kompetensi bidang. Pada tahap ini, peserta sudah tidak bisa mengakses dari sembarang tempat. ”Peserta menghadapi soal-soal di komputer berikut pilihan jawabannya,” ujar Slamet.

Setelah lolos tes kompetensi, peserta akan menghadapi tes kompetensi manajerial, juga secara daring. Uji seleksi secara daring berhenti pada tahap ini. Selanjutnya peserta menghadapi ujian di luar sistem daring.

Slamet menambahkan, BKD masih menghitung fasilitas jaringan, kebutuhan komputer, dan lokasi tes yang diperlukan. BKD berencana memanfaatkan laboratorium komputer di sekolah-sekolah untuk mendukung sistem seleksi.

Selesaikan masalah

Pengamat perkotaan Nirwono Joga mengimbau agar panitia dan tim penyeleksi menitikberatkan penilaian pada kemampuan calon lurah maupun camat untuk menyelesaikan masalah di wilayahnya.

Menurut dia, Jakarta memiliki masalah kronis terkait pengelolaan sampah, sungai dan bantarannya, hunian liar, okupasi pedagang kaki lima, serta parkir liar di banyak tempat. Semua masalah itu sulit diatasi karena selama ini tangan pemerintah di lokasi yang bersangkutan, yaitu camat dan lurah, dinilai tidak tegas menjalankan tugasnya. ”Lurah dan camat punya kewenangan dalam hal penertiban, keamanan, dan pemberdayaan masyarakat setempat. Dia adalah ujung tombak dalam mengatasi masalah perkotaan,” kata Nirwono.

Nirwono menyarankan agar setiap calon memiliki proposal yang menggambarkan permasalahan pokok di wilayahnya serta memiliki solusi kreatif untuk atasi persoalan itu. Program kerja selama 4-5 tahun ke depan juga pantas ditawarkan untuk mengetahui kedalaman wawasan, pemahaman wilayah, dan kemampuan manajerial yang mumpuni.

Sosialisasi

Kemarin, sosialisasi lelang jabatan lurah dan camat di DKI mulai dilaksanakan di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat. Pegawai negeri sipil (PNS) yang memenuhi syarat lelang jabatan itu diundang ikut sosialisasi. Usia maksimal 52 tahun, minimal golongan 3C berpangkat eselon untuk peserta lelang jabatan lurah, dan minimal golongan 3D berpangkat eselon untuk jabatan camat.

Seperti terpantau di Jakarta Timur, sosialisasi lelang jabatan diadakan di Kantor Wali Kota Jakarta Timur itu dihadiri 900 PNS yang berpotensi sebagai calon peserta lelang jabatan lurah dan camat.

Dalam sosialisasi yang disampaikan BKD DKI Jakarta dan tim penguji kepemimpinan dari Mabes Polri itu memaparkan tahap-tahap seleksi yang harus dilalui peserta lelang jabatan itu.

Sejumlah lurah di wilayah Jakarta Barat yang ditemui kemarin mengusulkan perubahan input data bagi mereka yang ingin mengikuti lelang jabatan lurah.

”Sebaiknya toleransi kesalahan memasukkan data pada sistem online jangan sekali, tetapi tiga kali,” kata Lurah Kedoya Utara Dwi Aryono.

Pada sosialisasi di Kantor Wali Kota Jakbar, Kepala Kantor Kepegawaian Jakbar Sugeng Iriyanto mengatakan, lelang jabatan lurah di Jakbar akan diikuti 774 PNS. Angka ini bisa berubah lagi, sebelum 8 April nanti, yaitu tanggal pembukaan pendaftaran bagi para calon yang ingin mengajukan diri.

Slamet mengatakan, sosialisasi akan dilanjutkan pada Jumat di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Kepulauan Seribu.(WIN/FRO/NDY/NEL/WIN/MDN)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s