Home » Kualitas infrastruktur » Non Tol Kp. Melayu-Tanah Abang Mangkrak, Ahok: Kalau Ada Korupsi Kita Penjarakan!

Non Tol Kp. Melayu-Tanah Abang Mangkrak, Ahok: Kalau Ada Korupsi Kita Penjarakan!

Harusnya teruskan dulu jalan itu sampai selesai, baru penjarakan mulai dari si Foke sampai pegawai PU Pemprov DKI.

Sukma Indah Permana – detikfinance
Rabu, 24/04/2013 10:06 WIB

Foto: Dok. detikFinance

Jakarta – Proyek jalan non tol Tanah Abang-Kampung Melayu saat ini terhenti atau mangkrak karena kekurangan anggaran dan kontraktor belum dibayar. Pemprov DKI tak akan beri ampun kalau anggaran proyek ini ternyata dikorupsi.

Demikian disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (Ahok) saat ditemui di Balai Kota, Jakarta, Rabu (24/4/2013).

“Kita lagi audit, kalau ada yang begitu (korupsi), ya kita penjarain, laporin, nggak saya kasih ampun, kurang ajar namanya itu. Ngurangin volume kerja tuh kurang ajar, itu manipulasi, korupsi itu, jelas kalau soal itu,” tegas Ahok.

Seperti diketahui pada era Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, awalnya jalan non tol tersebut dijadwalkan selesai Juni 2012. Namun target tak tercapai, sampai diubah hingga akhir 2012, walaupun sudah diubah tetap saja tak mencapai target hingga kini.

Akhirnya saat ini, proyek jalan non tol tersebut mengkrak karena dihentikan oleh salah satu kontraktor yang belum dibayar. Pihak Adhi Karya sebagai salah satu kontraktor menyatakan tidak bermasalah dengan proyek tersebut, mungkin masalah dialami kontraktor lain.

Selain Adhi Karya, kontraktor lain yang mengerjakan proyek ini ialah PT Wijaya Karya Tbk dan PT Istaka Karya. Panjang jalan layang tersebut membentang dari jalan KH Mas Mansyur Tanah Abang hingga ke Kampung Melayu sepanjang 2,3 km.
Menteri BUMN Dahlan Iskan kemarin mengatakan, kontraktor yang menghentikan proyek ini karena tidak dibayar adalah Istaka Karya.

Pada saat ini, Ahok meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengaudit proyek ini, kenapa dana bisa kurang dan proyek terus molor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s