Home » SOAL BANJIR » Tanggul Kali Krukut Jebol 30 Meter

Tanggul Kali Krukut Jebol 30 Meter

Kamis, 02 Mei 2013 | 15:35 WIB

Banjir di kawasan Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jakarta Timur. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo
Grafis Terkait

TEMPO.CO, Jakarta – Tanggul Kali Krukut yang jebol tadi malam masih belum dapat diperbaiki. Tanggul hasil daya masyarakat itu jebol sepanjang 30 meter dan mengakibatkan air menggenang setinggi satu meter di wilayah Pela Mampang, Jakarta Selatan.

“Nanti katanya diperbaiki pemerintah usai air surut,” ujar Sudi, 50 tahun, salah seorang warga kepada Tempo, Kamis, 2 Mei 2013. Ia meminta pemerintah segera tanggap dan menambal tanggul tersebut secara permanen. Tanggul tersebut jebol karena bahan bakunya yang hanya karung pasir, sesuai kemampuan masyarakat. (Baca: Banjir dan Genangan Masih Ada di Beberapa Lokasi)

“Kami dulu bikin sendiri untuk mengurangi dampak banjir,” ujarnya. Ia menyesalkan sikap pemerintah yang tidak awas kondisi banjir di wilayahnya dan tak kunjung mempermanenkan tanggul itu. “Harusnya jangan tunggu banjir dulu,” ujarnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta mengkonfirmasi upaya penambalan tanggul akan diambil alih oleh pemerintah. Namun, upaya tersebut dilakukan setelah luapan Kali Krukut surut. “Tunggu surut, kami akan tangani kerusakan secepatnya,” ujar Kepala Seksi Informasi BPBD Bambang Putra saat dihubungi.

Saat ini BPBD DKI Jakarta berkoordinasi dengan Suku Dinas Pekerjaan Umum Jakarta Selatan berupaya menahan aliran air yang meluap di tanggul setinggi dua meter itu. Kantong pasir disiagakan menunggu aliran air surut untuk penyumbatan temporer.

Akibat jebolnya tanggul tersebut, puluhan rumah di Pela Mampang terendam setinggi satu meter tadi malam. Pagi tadi, kondisi mulai pulih seiring redanya hujan yang turun sepanjang malam. Genangan air kini hanya berkisar 10-30 sentimeter saja akibat masih ada volume air yang tumpah dari bocornya tanggul tersebut.

M. ANDI PERDANA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s