Home » Gedung Pencakar Langit » Menara Pisa van Jakarta: Menara Miring, Pemda Jakarta Ikut Salah

Menara Pisa van Jakarta: Menara Miring, Pemda Jakarta Ikut Salah

menara saidah by design mau jadi menara Pisa van Jakarta.

Jangan jangan kasus menara Saidah hanyalah puncak gunung es dari kasus serupa di Jakarta. Selama bertahun tahun dinas PemProv DKI yang terkait dengan pengawasan gedung mudah disumpal oleh duit. Banyak gedung yang lokasinya tidak laik  baik secara lokasi( contoh mall yang dibangun ditikungan jalan) dan juga kwalitas perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Tapi oleh pemerintah diberikan ijin .  Sama halnya dengan gedung UOB  Thamrin yang  kwalitasnya meragukan, tidak heran ketika ada bencana kecil  saja sudah memakan banyak korban jiwa dan material.  Secara umum memang  Jakarta paling tidak siap mitigasi bencana. Tidak terbayang jika ada gempa bumi besar atau tsunami menimpa kota ini..

Sekedar catatan  Menara Pisa von Jakarta dibangun oleh salah satu BUMN Karya  : Hutama Karya (http://www.hutama-karya.com/project/menara-saidah)

Menara Pisa van Jakarta

SENIN, 13 MEI 2013 | 21:42 WIB

543834_10200405008146405_929592364_n

TEMPO.COJakarta – Pengamat tata kota Universitas Trisakti Nirwono Joga menilai kasus miringnya Menara Saidah di Cawang, Jakarta Selatan adalah bukti pemerintah tidak serius melaksanakan Undang Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan. Dia mengatakan, kasus miringnya Menara Saidah terjadi karena tidak ada uji kelayakan terhadap pembangunan struktur bangunan yang ada. “Kalau ada uji kelayakan tidak mungkin terjadi (gedung miring),” ujarnya saat dihubungi, Senin, 13 Mei 2013.

Menara Saidah sebelumnya dikabarkan  mengalami kerusakan struktur bangunan. Hal itu membuat kondisi bangunan menjadi miring dan berbahaya untuk digunakan. Akibatnya, gedung itu kini kosong.

Nirwono mengatakan, miringnya Menara Saidah dapat dikategorikan sebagai gagal bangunan. Kategori gagal bangunan disebutnya bukan sebatas kerusakan gedung berupa gedung roboh. “Jadi miring atau bermasalah sedikit sudah dikategorikan gagal bangunan karena ada keteledoran,” ujar dia.

Dia pun menyayangkan pemerintah yang tidak bersikap tegas terhadap perencana, pengawas, dan pelaksana gedung yang bermasalah. Selama ini, kata dia, kecelakaan karena faktor struktur gedung tidak pernah diproses hukum sampai ke pengadilan. Akibatnya, pemilik gedung juga tidak terlalu mengindahkan syarat-syarat pendirian gedung sesuai dengan aturan.

“Paling jauh cuma sampai audit bangunan, tapi kasusnya selesai setelah memberikan uang kerohiman kalau ada yang menjadi korban, tidak diproses hukum,” ujarnya.

Menurutnya, secara hukum, miringnya Menara Saidah harus mendorong pemerintah  mengambil tindakan. Dinas P2B harus memerintahkan pemilik gedung untuk segera membongkar dan merenovasi agar gedung aman untuk digunakan.

Pengelola Gedung Menara Saidah PT Gamlindo Nusa keberatan atas pemberitaan ini. (Baca: Tanggapan PT Gamlindo Nusa)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s