Home » Transportasi Publik Jakarta » Dua Alasan Sopir TransJakarta Mogok

Dua Alasan Sopir TransJakarta Mogok

Urusan tata kelola transjakarta memang sengaja  dibuat jadi ” bom waktu” oleh si Sutiyoso

 

SELASA, 11 JUNI 2013 | 05:22 WIB

Dua Alasan Sopir TransJakarta Mogok

Bus Transjakarta baru ini yang bermerk Zhong Tong mengalami mogok di Koridor 1, Jakarta, (19/3). Bus baru ini baru beberapa bulan dioperasikan sebagai penambahan armada bus yang dialokasikan oleh Pemprov DKI Jakarta. Tempo/Tony Hartawan

TEMPO.CO Jakarta:Direktur Operasional PT Jakarta Express Trans (PT JET), Payaman Manik mengatakan, mogoknya para sopir dan teknisi disebabkan dua hal. Pertama, mereka pertanyakan kepastian kerja karena kontrak PT JET sebagai operator bus transjakarta dengan Pemprov DKI yang berakhir 14 Juni. Kedua, terkait rapelan upah tambahan sebesar Rp 200 ribu per bulan yang belum diberikan kepada sopir dan teknisi karena UP Transjakarta belum memberikannya.

“Sejak tahun 2007 hingga sekarang, UP Transjakarta belum memberikan penyesuaian upah kepada sopir dan teknisi PT JET. Penyesuaian itu hanya kami lakukan sendiri,” ujarnya.

Payaman menjelaskan dibandingkan dengan upah sopir dan teknisi di Koridor XI dan XII yang saat ini mencapai tiga setengah kali UMP DKI. Upah sopir dan teknisi Koridor I dan X PT JET hanya satu kali UMP DKI 2012. Menurutnya, wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, sudah meminta PT JET untuk menyesuaikan upah itu.

“Kami sudah menghadap pak Ahok dan Pak Ahok minta segera menyesuaikan, tapi masalahnya UP Transjakarta yang belum mencairkannya,” kata Payaman. “Alasan UP TransJakarta belum dapat mencairkan penyesuaian upah itu karena ada kendala di Badan Pengelola Keuangan Provinsi DKI,” ujarnya.

AFRILIA SURYANIS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s