Home » KUALITAS BIROKRASI » Minta Anak Buah Serap Anggaran 97%, Jokowi: Kalau Tak Tercapai Langsung Berhenti!

Minta Anak Buah Serap Anggaran 97%, Jokowi: Kalau Tak Tercapai Langsung Berhenti!

Bagus Prihantoro Nugroho – detikfinance
Rabu, 19/06/2013 14:28 WIB

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memimpin Pengarahan Penyerapan Anggaran Pemprov DKI Jakarta 2013 yang dihadiri Kepala dan Perwakilan SKPD DKI Jakarta di Balai Agung, Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Pada kesempatan ini, Jokowi mendorong agar jajaran anak buahnya bisa menekan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) 2013 tidak lebih dari 3% atau sedikitnya anggaran terserap 97% pada tahun ini.

“Akhir tahun kalau nggak sampe 97% itu langsung berhenti saja!” tegas Jokowi saat pengarahan, Rabu (19/6/2013).

Jokowi mengakui serapan anggaran APBD DKI Jakarta hingga paruh tahun 2013 masih memprihatinkan. Ia mencontohkan serapan anggaran aparatur sudah terserap 28% namun untuk pelaksanaan kegiatan hanya terserap 15%, menurutnya realisasi serapan anggaran 15% pada pertengahan tahun sangat buruk.

“Saya mau tanya sanggup nggak? Jangan bilang sanggup tapi kayak kemarin sampai Desember 2013 hanya 82,26% Kalau nggak sanggup bilang saja biar saya buat beli yang lain. Ini mungkin perlu saya sampaikan mengenai realisasi pada 17 Juni Dinas perumahan, realisasi baru 2,18%, Dinas Perhubungan 4,4%,” tegas Jokowi.

Dalam kesempatan itu, mantan Walikota Solo ini langsung menodong satu per satu kepala dinasnya. Masing-masing kepala dinas ditanyai soal kesanggupan dalam penyerapan anggaran APBD 2013 DKI Jakarta.

“Nanti akan saya tanyakan satu per satu sanggup nggak? Ya SILPA itu kan jangan sampai lebih dari 3% Jangan sampai nanti bulan November kita loncat sana loncat sini Saya minta SKPD hari ini bilang mana kegiatan yang tidak bisa terealisasikan,” katanya.

Jokowi langsung menanyakan kepada kepala dinas perumahan, dinas perhubungan, dinas pertamanan karena termasuk dinas yang paling rendah menyerap anggaran. Selain itu dinas lainnya seperti pekerjaan umum, pariwisata dan kebudayaan, koperasi juga diminta komitmennya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s