Home » SOAL BANJIR » Ahok: Normalisasi Banjir Jakarta Terancam Mundur Dua Tahun Kebijakan baru, buat program normalisasi tertunda.

Ahok: Normalisasi Banjir Jakarta Terancam Mundur Dua Tahun Kebijakan baru, buat program normalisasi tertunda.

Pemerintah untuk urusan yang urgent sulit diajak untuk cepat..kecuali ada “uang project”. Mungkin kalau diurus sama si Nazaruddin bisa jadi cepat. (cepat uangnya masuk kantong politikus DPR)

ddd
Senin, 24 Juni 2013, 16:56 Antique, Eka Permadi
Wakil Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.(ANTARA/ Puspa Perwitasari)
BERITA TERKAIT

Ahok: Sungai dan Waduk di Jakarta 30 Tahun Tak Terawat
Pompa Rusak, Banjir Masih Genangi Ancol
Jakarta Hujan Deras, Waspada Genangan Air
Jakarta Masih Banjir, Ahok Minta Maaf
Banjir Rob, Busway Koridor V Belum Bisa Tembus Ancol
Follow us on
VIVAnews – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Senin 24 Juni 2013, mengeluhkan hambatan baru dalam percepatan penanganan banjir. Hambatan terjadi pada upaya normalisasi sungai, di mana masalah tanah di bantaran sungai saat ini sudah tidak menjadi kewenangan Pemprov DKI.

“Undang-undang baru menghambat kita untuk normalisasi sungai. Awalnya, masalah tanah di kelola P2T (Panitia Pembebasan Tanah), sekarang langsung BPN (Badan Pertanahan Nasional). Kebijakan ini bisa mengakibatkan program mundur hingga dua tahun,” katanya di Balai Kota, Jakarta.

Ahok menjelaskan, untuk normalisasi sungai-sungai di Jakarta diperlukan pengamanan tanah di bantaran sungai. “Aturannya, 7,5 meter tanah di kiri kanan sungai milik pemerintah. Sekarang sudah banyak pindah tangan dan padat. Ini harus dibebaskan agar normalisasi bisa optimal,” ujarnya.

Bahkan, ia menceritakan, di beberapa wilayah tanah itu statusnya sudah bersertifikat hak milik. Bangunan dibantaran kali ini sudah permanen dan banyak yang berlantai dua. Ini juga terjadi pada banyak fasilitas umum dan ruang terbuka hingga di bantaran sungai.

Menghadapi hal ini, Ahok mengaku sudah melakukan pembicaraan dengan BPN. “Tapi tahulah pemerintah, kan susah kalau diajak cepat. Saya khawatir, target penyelesaian banjir Jakarta mundur, karena kebijakan ini,” ujarnya mengeluh.

Hal tersebut, membuat Mantan Bupati Belitung Timur ini mengurangi intensitas program normalisasi banjir di Jakarta. “Anggarannya kita geser dulu, buat normalisasi waduk dan rumah susun,” ujarnya.

Ahok mengatakan bahwa reklamasi waduk Pluit sudah maksimal. Bagian baratnya, sudah selesai pembebasan. “Sedang dalam upaya menambah kedalaman. Yang sebelah timur, nunggu rusun selesai. Mereka akan dipindahkan bertahap,” katanya. (eh)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s