Home » KUALITAS BIROKRASI » MUI: Calon Sekda DKI Harus Sosok Yang Religius

MUI: Calon Sekda DKI Harus Sosok Yang Religius

Percuma saja sosok religius tapi KORUP pak !
Lihat tuh Fathonah dan Luthfi Hasan Ishoq kurang apa religiusnya !

http://www.inilah.comon

Oleh: Wahyu Praditya Purnomo
metropolitan – Jumat, 5 Juli 2013 | 19:05 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta memiliki kriteria sendiri tentang siapa calon Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta pengganti Fadjar Panjaitan. Calon Sekda DKI harus memiliki tingkat religiusitas yang baik.

“Jakarta inikan mayoritas muslim, ya jadi faktor agama menjadi pertimbangan,” kata Ketua MUI DKI Jakarta, Ma’ruf Amin di Jakarta, Jumat (5/7/2013).

Ma’ruf menjelaskan, seorang Sekda merupakan jabatan dipemerintahan daerah yang berada dibawah gubernur dan wakil gubernur. Untuk itu, menurutnya, sebagai pejabat tangan kanan seorang gubernur, tentunya harus memiliki tingkat keimanan dan pemahaman agama yang matang.

“Religiusitas calon Sekda itu sangat penting, karena sering mewakili gubernur terjun langsung ke masyarakat,” jelasnya.

Tak cuma itu, ia menilai jabatan sebagai Sekda harus memiliki kedekatan atau pendekatan kepada ormas-ormas. Karena intensitas bertemu dengan masyarakat terbilang tinggi. Ma’ruf Amin berharap dalam menentukan calon Sekda DKI, Gubernur DKI Joko Widodo harus benar-benar memperhatikan beberapa hal tersebut.

“Jabatan Sekda bukan sembarangan. Gubernur harus memperhatikan syarat mutlak untuk pantas menduduki jabatan Sekda,” jelasnya.

Sebelumnya dari sembilan nama calon Sekda, Jokowi telah mengantongi tiga nama yang bakal diajukan kepada Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri. Tiga nama ini memiliki nilai tinggi dalam assesment atau ujian kompetensi yang digelar selama dua hari.

Tiga nama calon kuat yang akan menduduki jabatan Sekda DKI, yakni Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono, Walikota Jakarta Pusat Saefullah, dan Asisten Sekda Bidang Pemerintahan DKI Jakarta Sylviana Murni.[bay]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s