Home » SOAL BANJIR » Soal normalisasi waduk Tomang Barat

Soal normalisasi waduk Tomang Barat

 

 

Normalisasi Waduk Tomang Barat, Jokowi Tak Relokasi Warga

  • Penulis :
  • Fabian Januarius Kuwado
  • Jumat, 27 September 2013 | 20:49 WIB
 
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau instalasi pompa air di Waduk Tomang Barat, Grogol, Jakarta Barat, Jumat (27/9/2013). | KOMPAS.com/FABIAN JANUARIUS KUWADO
 
 
 
4

79
 
2
 
 
 

JAKARTA, KOMPAS.com – Pekerjaan Gubernur DKI Joko Widodo dalam menata Waduk Tomang Barat, Grogol Jakarta Barat, tidak akan seberat penataan Waduk Pluit ataupun Waduk Ria Rio. Di waduk seluas 7 hektar itu, Jokowi hanya menormalisasi waduk dan tidak memindahkan warga.

Ndak, ndak, ini hanya dinormalisasi waduknya saja. Wong rumahnya sudah pada permanen gitu kok,” ujar Jokowi saat meninjau waduk tersebut, Jumat (27/9/2013).

Jokowi mengatakan, Dinas Pekerjaan Umum hanya bertugas membersihkan eceng gondok yang memenuhi sebagian besar permukaan waduk tersebut. Dinas PU juga akan mengeruk dasar waduk yang telah puluhan tahun tak pernah disentuh itu.

Jokowi mejelaskan, saat ini waduk yang berada di tengah-tengah permukiman tersebut memiliki kedalaman sekitar 3 meter. Rencananya, melalui pengerukan, kedalaman akan ditingkatkan jadi 7 meter sehingga dapat menampung banyak air dan dapat menanggulangi banjir di sekelilingnya.

“November besok kita mulai pengerukan. Mudah-mudahan selesai tahun 2014 mendatang. Pokoknya kita kebut-kebutan sama musim hujan,” ujar dia.

Dalam tinjauannya ke waduk tersebut, Jokowi menemukan satu dari delapan pompa air di waduk tersebut dalam keadaan rusak. Jokowi menginstruksikan kepada Dinas PU untuk menyelesaikan masalah tersebut dalam sepekan.   

 

Warga Kaget Lihat Jokowi Loncat ke Tepi Waduk Tomang Barat

  • Penulis :
  • Fabian Januarius Kuwado
  • Jumat, 27 September 2013 | 16:57 WIB
 
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meloncat ke tepi Waduk Tomang Barat, Grogol, Jakarta Barat, Jumat (27/9/2013). Waduk itu akan dinormalisasi seusai penataan Waduk Pluit dan Waduk Ria Rio. | KOMPAS.com/FABIAN JANUARIUS KUWADO
 
 
 
25

99
 
60
 
 
 

JAKARTA, KOMPAS.com — Seusai mengunjungi Pasar Blok G Tanah Abang, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo blusukan ke Waduk Tomang Barat, Grogol, Jakarta Barat, Jumat (27/9/2013). Waduk itu menjadi target normalisasi setelah Waduk Pluit dan Waduk Ria Rio.

Pantauan Kompas.com, Jokowi datang ke waduk di Jalan Tanjung Duren Utara 11, Grogol, Jakarta Barat, itu sekitar pukul 15.15 WIB. Jokowi melintasi salah satu sisi waduk seluas 7 hektar tersebut dengan berjalan kaki.

Saat meninjau waduk itu, Jokowi sempat melakukan aksi yang membuat khawatir orang-orang di sekitarnya. Jokowi melompati batas tepi jalanan ke tepi waduk yang berjarak sekitar setengah meter. Dengan kemeja putih lengan panjang, celana bahan hitam, serta sepatu coklat yang sering digunakan untuk blusukan, Jokowi pun meloncat ke tepi waduk.

“Eh, hati-hati, Pak! Awas jatuh!” kata salah satu warga. “Eh Jokowi loncat, Jokowi loncat, eeh Jokowi loncat,” kata warga lain yang kaget dengan nada latah.

Jokowi tetap melaksanakan peninjauannya. Di tepi waduk, dia sempat berkomunikasi dengan beberapa orang pekerja yang tengah membangun semacam tempat berpijak di tepi waduk itu. Dia juga sempat melakukan komunikasi dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Manggas Rudy Siahaan melalui telepon seluler.

Kondisi waduk tersebut cukup memprihatinkan. Dari total luas 7 hektar, sebagian besar area waduk tertutup oleh tanaman eceng gondok. Sekeliling waduk dipadati permukiman warga.

Jokowi memastikan waduk itu hanya perlu dinormalisasi. “Hanya perlu dinormalisasi saja ini untuk tangkapan air hujan. Kita kebut-kebutan dengan musim hujan, kan tinggal berapa bulan lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi bertemu dengan Direktur Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya. Dalam pertemuan itu, Andi mengatakan bahwa hujan besar diperkirakan akan melanda Jakarta pada Desember 2013 hingga Januari 2014. Jokowi menyatakan sudah melakukan langkah-langkah mengantisipasi terjadinya banjir akibat curah hujan tinggi.   

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s