Home » Pengalaman Negara Lain » Survei kota paling tidak jujur

Survei kota paling tidak jujur

 

Survei kurang valid jika tidak mengikut sertakan JAKARTA . 

 

 

 

Friday, September 27, 2013       17:47 WIB

Survei: Lisbon Kota Paling Tidak Jujur Sedunia
 

 

Ipotnews – Bagi Anda yang senang bepergian ke luar negeri, ada penelitian yang mengungkapkan kota mana saja yang orang-orangnya jujur dan tidak.  Kota yang paling tidak jujur menurut survei adalah Lisbon, Portugal.

Melansir laman ABCNews Jumat (27/9), survei yang dilakukan Reader`s Digest itu menguji orang-orang di jalan dengan menjatuhkan 192 dompet di 16 negara di seluruh dunia. Di dalamnya berisi kupon belanja dan uang tunai. Tak lupa peneliti menyelipkan identitas dan foto keluarga.

Cara inil bertujuan mengukur seberapa tingkat kejujuran masyarakat di sebuah kota. Hasilnya cukup bervariatif dan mengejutkan, namun bisa dijadikan penilaian.

Terungkap, Helsinki, Finlandia, adalah kota yang paling jujur karena hanya satu dompet yang tak kembali. Sedangkan, lima kota yang paling tak jujur berdasarkan tes tersebut antara lain adalah Rio de Janeiro, Brasil di peringkat ke-lima, Zurich, Swiss di peringkat empat, Praha, Republik Ceko di peringkat tiga, dan Madrid, Spanyol di peringkat dua.

Nah, kota yang paling tidak jujur di posisi pertama adalah kota Lisbon, Portugal. Di sana, hanya satu dari 12 dompet yang dikembalikan. Sementara sebelas dompet lainnya raib tanpa bekas.

“ New York City, sekitar delapan dari 12 dompet dikembalikan. Sangat menginspirasi ketika mengetahui ada banyak orang jujur di dunia ini,” kata editor in chief Reader`s Digest, Raimo Moysa. (Vina)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s