Home » SOAL BANJIR » Di Depan Jokowi, Warga Janji Rawat Waduk Ria Rio

Di Depan Jokowi, Warga Janji Rawat Waduk Ria Rio

 

  • Penulis :
  • Fabian Januarius Kuwado
  • Kamis, 26 September 2013 | 10:39 WIB
 
Gubernur DKI Jakarta Widodo tengah menanam sebuah pohon di salah satu sisi Waduk Ria Rio, Jakarta Timur. Aksi itu adalah langkah awal penghijauan di area waduk. | Fabian Januarius Kuwado
 
 
 
 

JAKARTA, KOMPAS.com — Penghijauan mulai dilakukan di kawasan Waduk Ria Rio, Jakarta Timur. Di hadapan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, perwakilan warga berjanji akan merawat kawasan waduk seluas 25,8 hektar tersebut.

Ikrar itu dibacakan perwakilan warga, Buce Ishak, dalam acara peresmian penghijauan Taman Kota Waduk Ria Rio, Kamis (26/9/2013) pagi. Dia sangat senang area waduk mulai ditata.

“Setelah penataan waduk, kami warga Kelurahan Kayu Putih berjanji untuk ikut menjaga kebersihan waduk. Minimal jangan ada sampah di waduk,” ujarnya di hadapan Gubernur dan pejabat lainnya.

Pria yang sudah berpuluh-puluh tahun tinggal di Kelurahan Kayu Putih tersebut melanjutkan, bagi warga sekitar, penataan waduk memiliki dampak yang sangat positif, terutama untuk mengurangi persoalan banjir di area sekitar waduk tersebut.

“Dulu waduk ini airnya jernih sampai dasar kelihatan. Tahun ke tahun, mulai banyak penduduk di sekitarnya semakin kotor. Tahun 1996 terjadi banjir pertama sampai yang terparah 2007, berlangsung 16 hari banjir di 9 RW,” tuturnya.

Ishak pun berharap, karena Jakarta akan mulai masuk ke musim penghujan, pengerukan waduk tersebut dipercepat agar dapat menampung air. Tak hanya itu, warga sekitar pun mengapresiasi upaya Pemprov DKI dalam menambah ruang terbuka hijau, terutama sebagai tempat aktivitas publik.

Ishak pun mengenang situasi waduk pada sekitar tahun 1980 silam. Saat itu, waduk tersebut masih asri dan jadi tempat bermain anak-anak. Dengan penataan waduk, lanjut Buce, Pemprov DKI tak hanya memberikan solusi bagi persoalan banjir, tetapi juga dianggap mengembalikan kondisi waduk seperti sekitar tiga dekade lalu.

Kawasan Waduk Ria Rio akan ditata oleh empat instansi. Sisi barat, timur, dan utara akan dibangun oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman. Sisi selatan akan dikerjakan oleh PT Jakarta Propertindo. Adapun normalisasi waduk akan dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum. Semuanya menggunakan APBD.

Kini, proses pengerjaan pun baru 10 persen. Dari empat sisi waduk, hanya sisi selatan yang baru dihijaukan dengan rumput dan pepohonan. Di beberapa bagian, juga telah dipasang conblock sebagai tempat pengunjung waduk berpijak, sedangkan sisanya baru sekedar diuruk. Meski jauh dari rampung, keindahan mulai tampak.   

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s