Home » Kualitas infrastruktur » JLNT Antasari Tak Efektif, Ahok Punya Cara Ekstrim

JLNT Antasari Tak Efektif, Ahok Punya Cara Ekstrim

cape deh  dengan solusi si Foke(r) yang dulu selalu ngaku “ahli “nya Jakarta. Walhasil hanya bikin kota Jakarta makin acak acakan. Dia bikin jalan layang non tol. ( coba jalan ini rasanya kita mau lompat2) dengan kualitas buruk. Sekarang jelas tidak efektif mengurai kemacetan.

 

 
Headline
Jalan layang non tol (JLNT) Antasari-Blok M – (Foto:inilah.com/Wirasatria)
 
Oleh: Bayu Hermawan
metropolitan – Rabu, 9 Oktober 2013 | 18:35 WIB
 

INILAH.COM, Jakarta – Jalan layang non tol (JLNT) Antasari-Blok M yang baru diresmikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Januari 2013 lalu nyatanya tak mampu mengurai kemacetakan ibu kota.

Masalah ini membuat Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama berencana mengkaji sejumlah JLNT di ibu kota khusus untuk angkutan umum, seperti bus Transjakarta, Metromini, dan Kopaja.

“Kalau kita mau berpikir ekstrim, kemacetan di ibu kota diselesaikan dengan membangun jalan layang non tol khusus angkutan umum. Rencana sama seperti yang kita bangun jalan layang untuk Transjakarta di Cileduk. Itu yang kita lagi kaji. Kalau perlu kita bikin untuk (angkutan) umum,” kata pria yang akrab disapa Ahok itu di Balaikota, Rabu (9/10/2013).

Ahok menilai secara teori pertambahan ruas jalan di Jakarta tak mampu mengurai kemacetan lalu lintas. Kondisi tersebut disebabkan pertambahan jumlah kendaraan yang tidak seimbang dengan pembangunan ruas-ruas jalan di ibu kota.

“Yang ada adalah bangun jalan layang khusus transportasi massal, baru bisa. Kita mau paksa orang kalau mau nyaman, ya mesti naik bus. Makanya busnya harus dibeli dulu,” ujar dia.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menambahkan, Pemprov DKI akan berupaya membenahi angkutan umum di ibu kota, sehingga secara bertahap pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan angkutan umum.

“Kita akan tambah bus. Tahun depan 3.000 bus akan didatangkan melalui sistem e-catalog alias tanpa lelang. Kita langsung beli. Mudah-mudahan, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) segera mengeluarkan izin terkait e-catalog sehingga tahun depan, kita tidak perlu lagi pusing tender, tapi langsung beli ke pabrik,” tandasnya.[bay]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s