Home » Prilaku kebersihan + sanitasi » Pemerintah Malu, Sanitasi RI Lebih Buruk dari Vietnam dan Myanmar

Pemerintah Malu, Sanitasi RI Lebih Buruk dari Vietnam dan Myanmar

Rista Rama Dhany – detikfinance
Jumat, 18/10/2013 13:50 WIB

https://i1.wp.com/images.detik.com/content/2013/10/18/4/ipal4dalam.jpg
Jakarta – Sebagian besar sistem sanitasi dan air minum di Indonesia masih kurang layak. Bahkan sanitasi di Indonesia lebih buruk dibandingkan Myanmar dan Vietnam.

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Dedy Supriadi Priatna mengatakan, sanitasi di Indonesia sebagian besar masih kurang layak.

“Sanitasi dan air minum yang layak di Indonesia masih 55%, 45% masih tidak layak, ini mengakibatkan kerugian Rp 67 triliun tahun ini,” kata Dedy ditemui di Restoran Bebek Bengil, Jalan Agus Salim, Menteng, Jakarta, Jumat (18/10/2013).

Dedy mengungkapkan, saat ini sanitasi di Indonesia ini lebih jelek dibandingkan dengan Vietnam dan Myanmar. “Sanitasi kita itu masih lebih buruk dibandingkan dengan Vietnam dan Myanmar, malu kita,” ucapnya.

Dia juga menambahkan, Bappenas menargetkan ada perbaikan sanitasi dan air minum yang layak hingga 100% pada 2019. Namun untuk bisa mencapai 100%, dibutuhkan dana hingga Rp 660 triliun.

“Diperlukan dana Rp 660 triliun hingga 2019 untuk memperbaiki sanitasi dan air minum menjadi layak hingga 100%,” ujar Dedy.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s