Home » Nata de Kota » Jokowi Mau Bikin Pantai Gratis di Jakarta

Jokowi Mau Bikin Pantai Gratis di Jakarta

SELASA, 26 FEBRUARI 2013 | 17:56 WIB

Jokowi Mau Bikin Pantai Gratis di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi). TEMPO/Tony Hartawan

TEMPO.COJakarta — Gugatan masyarakat karena dikenakan tarif ketika masuk kawasan Pantai Ancol ditanggapi serius olehGubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Bahkan, mantan Wali Kota Surakarta itu berniat untuk membuat pantai baru di Jakarta yang digratiskan untuk pengunjung.

“Sudahlah. Nanti kita buat pantai yang lain. Serius ini, masihdisiapin. Lebih bagus, gratis. Mau mandi silakan, berenang silakan,” kata Jokowi menanggapi putusan Pengadilan Jakarta Pusat yang menolak gugatan warga di Balai Kota Jakarta, Selasa, 26 Februari 2013. (Lihat: Gugatan Gratis Masuk Ancol Diputus Hari Ini danPengadilan Tolak Gugatan Gratis Masuk Pantai Ancol).

Menurut dia, persoalan kawasan Ancol minta untuk digratiskan memang sangat rumit. Sebab, jika digratiskan berpotensi membuat pengelola merugi. Namun di sisi lain, warga membutuhkan tempat umum yang dapat dikunjungi kapan pun tanpa harus mengeluarkan biaya. “Masalah pantai di Ancol kenapa, sih, harus sampai gugat-menggugat. Itu kalau di Ancol rumit, misalnya digratisinperusahaannya menjadi drop atau rugi. Kalau ngomong gitu kan repot. Daripada ramai-ramai, buat saja sendiri,” ujarnya.

Meski ingin membuat pantai gratis untuk warga, dia masih merahasiakan lokasi pantai itu. Sebab, sampai saat ini pantai tersebut masih dalam proses pembebasan lahan. Jika diberitahu, dia khawatir harga beli tanah di kawasan pantai jadi meningkat drastis. “Masih rahasia, masih pembebasan. Kalau tahu, harganyangamuk semuanya,” ujar Jokowi.

Pembuatan pantai baru ini pun ditargetkan dapat selesai secepatnya sehingga bisa mengakomodir kebutuhan warga. Ia pun mengakui bahwa rencana tersebut telah disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jakarta. Dirinya juga tidak mau menyebutkan anggaran yang dialokasikan.

Seperti diketahui, PN Jakarta Pusat menolak gugatan warga tentang gratis memasuki kawasan Ancol karena menilai bukti yang diajukan tidak dapat memenuhi materi gugatan. Penolakan tersebut karena Peraturan Menteri PU Nomor 40/PRT/M/2007 tentang Reklamasi Pantai belum di-judivicial review ke Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Tata Ruang.

Karena landasan tersebut, Majelis Hakim menilai tidak ada peraturan yang dilanggar pihak Ancol selaku tergugat, yakni PT Pembangunan Jaya Ancol, PT Impian Jaya Ancol, dan Pemprov DKI Jakarta. Simak Jakarta dan pemasalahannya di sini.

SUTJI DECILYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s