Home » Prilaku kebersihan + sanitasi » Potret dan Pajang, Pembuang Sampah Sembarangan

Potret dan Pajang, Pembuang Sampah Sembarangan

SELASA, 08 OKTOBER 2013 | 12:12 WIB

 

Potret dan Pajang, Pembuang Sampah Sembarangan

Ratusan ekor sapi mencari makan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kawatuna, Palu, Sulawesi Tengah, (17/9). ANTARAFOTO/Basri Marzuki

 

TEMPO.COJakarta – Buang sampah sembarangan menjadi salah satu kebiasaan warga Indonesia yang belum hilang hingga sekarang, baik di daerah perkotaan maupun pedesaan. Berbagai upaya untuk membuat jera pembuang sampah sembarangan pun dilakukan meski hasilnya belum terlalu terlihat. 

Salah satu upaya untuk memberikan efek jera terbaru datang dari Lurah Kebon Bawang, Makmun. Upaya itu adalah memfoto pembuang sampah sembarangan dan kemudian memajangnya di titik pembuangan sampah liar di Kebon Bawang, Jakarta Utara. 

Meski terdengar sederhana, memfoto para pembuang sampah sembarangan ini ternyata bukan perkara mudah. Satuan Tugas Satpol PP Kebon Bawang, yang diserahi tanggung jawab, mengaku harus beraksi bak agen rahasia atau bahkan paparazzi

Beraksi bak paparazzi di sini adalah harus mengendap-ngendap agar bisa memfoto dan menangkap mangsa, yakni para pembuang sampah sembarangan. Terkadang, petugas Satpol PP sampai harus menyamar sebagai warga sipil. 

“Kita juga ngawasinnya sampai pagi karena biasanya yang suka buang sampah sembarangan ini beraksinya malam hingga dinihari,” ujar Kepala Satuan Tugas Polisi Pamong Praja Kelurahan Kebon Bawang, Solihin, sambil berkata bahwa foto “pelaku” diambil dengan kamera handphone dan single lens reflect.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s