Home » SOAL BANJIR » Bangun Sumur Resapan, DKI Terkendala Lapisan Tanah

Bangun Sumur Resapan, DKI Terkendala Lapisan Tanah

Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama – IST
Oleh: Wahyu Praditya Purnomo
metropolitan – Senin, 11 November 2013 | 14:30 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Rencana Pemprov DKI membangun sumur resapan dalam menangani banjir, tampaknya terkendala kondisi lapisan bawah tanah atau akuiver yang berada di Jakarta.

Karena mendesaknya pembangunan sumur resapan dalam upaya penanganan banjir, Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama akan melakukan pemetaan akuiver di lima wilayah DKI Jakarta. Akuiver, merupakan lapisan tanah yang mengandung air dan dapat mengalirkan air. Melalui akuiver inilah air tanah dapat diambil. Akuiver ada dalam berbagai kedalaman.

Pembangunan sumur resapan tidak dapat dipercepat, dikarenakan kondisi akuiver tanah di Jakarta berbeda-beda. Sehingga dibutuhkan tes akuiver tanah sambil pembangunan sumur resapan dilakukan. Tes dilakukan untuk mengetahui jenis tanah endapan sedimen yang terdapat didalamnya.

“Jadi tahun depan, saat pembangunan 4 ribu sumur resapan dilakukan, kita sudah memiliki peta tanah yang bisa dibangun sumur resapan,” kata pria yang akrab disapa Ahok di Balaikota DKI, Senin (11/11/2013).

Ditegaskannya, membangun sumur resapan yang ditargetkan akan terbangun sebanyak 2 ribu di tahun ini masih terus bejalan. Meski demikian dirinya tak terlalu berharap keberadaan sumur resapan tersebut akan berfungsi untuk menghilangkan banjir dari Jakarta.

“Minimal, sumur resapan itu bisa meminimalisasikan genangan air saat hujan datang,” tandasnya.[bay]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s