Home » Kualitas Kontraktor » Alat Berat Rusak, Pengerukan Waduk Halim Mandek

Alat Berat Rusak, Pengerukan Waduk Halim Mandek

Catat nih Pak Ahok, PT Asa Jaya Amali  blacklist saja dari daftar kontraktor  berikut nama ownernya /direkturnya.. Pekerjaan penting dalam keadaan genting dikerjakan secara asal asalan.. Sudah kelewatan.
Kamis, 14/11/2013 21:31 WIB

Edward Febriyatri Kusuma – detikNews

Jakarta – Jelang musim hujan, Pemprov DKI tengah gencar memperbaiki sistem drainase. Namun ternyata pengerukan Waduk Halim di Kampung Makasar, Jakarta Timur telah lama berhenti.

“Sudah hampir sebulan terakhir mandek. Soalnya dari tiga bekho yang ada cuma satu yang beroperasi,” ujar salah seorang operator alat berat, Abdurrahman, saat ditemui di lokasi waduk, Kamis (14/11/2013).

Perlu diketahui, proyek pengerukan Waduk Halim dikerjakan oleh PT Asa Jaya Amalia. Di atas waduk dengan luas sekitar 4.000 meter persegi ini ada tiga alat berat. Namun hanya satu yang berfungsi. Itupun kerap ngadat saat sedang dioperasikan di tengah waduk yang dalamnya sekitar 3 meter itu.

Abdurrahman mengatakan, sebelum dirinya, sudah 7 operator alat berat yang mengundurkan diri. Hal itu dikarenakan alat berat yang ada selalu rusak. Selain itu, sudah tiga kali mandor proyek itu ganti. Pemicunya, dia menambahkan, pihak kontraktor terkesan asal-asalan dan tak serius menangani proyek.

“Buktinya, alat berat rusak dibiarkan saja. Harusnya kalau yang profesional, ya disiapkan mekaniknya. Sehingga ketika alat berat rusak langsung diperbaiki. Kalau kondisinya begini, operator manapun tak ada yang betah,” ujarnya.

Abdurrahman menerangkan, alat berat yang ada selalu rusak setelah 2 jam digunakan. “Alat pengeruknya tidak bisa digerakkan dan mesin ikut mati. Mau nggak mau kerjaan kita berhenti, terus merapat ke darat pakai perahu styeroform,” tuturnya.

Senada dengan Abdurahman, Lopes (43), pekerja lainnya, juga mengeluhkan hal yang sama. Menurutnya alat-alat bekho banyak yang tidak bisa digunakan karena kerap kali rusak.

“Capek hati kerja begini. Saya pengalaman jadi operator alat berat, baru kali ini mengalami kendala seperti ini, alat berat tak memadai,” ungkap Lopes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s