Home » Kualitas infrastruktur » project infratruktur » Swasta Tawarkan Peremajaan Bus

Swasta Tawarkan Peremajaan Bus

PT Metromini gimana nasibnya ?? Perusahaan yang sejak tahun 1995 tidak pernah ada laporannya. Hati2 saja Pak Jokowi, NEW Metromini jangan sampai senasib dengan PT Metromini.

 

 

RABU, 11 DESEMBER 2013

kompas logo

TRANSPORTASI

JAKARTA, KOMPAS — Pihak swasta menjajaki peremajaan bus sedang dan menawarkan purwarupa bus kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Bus baru itu mirip dengan bus kopaja AC yang sudah beroperasi, hanya ukuran dan kapasitasnya lebih besar.PT Citibus Intermoda, Selasa (10/12), mendatangi Balaikota sambil membawa satu unit bus yang diberi nama New Metromini. ”Kami mengajak para pengusaha metromini untuk bergabung dengan manajemen baru. Kami biayai 100 persen peremajaan tanpa mengambil alih kepemilikan mereka. Sistemnya nanti bagi hasil,” kata Presiden Direktur PT Citibus Intermoda Marulam Hutabarat.

Bus New Metromini berwarna merah jingga, mirip bus transjakarta. Kapasitasnya 40 orang dengan tempat duduk untuk 20 orang. Bus dilengkapi penyejuk ruangan, jaringan Wi-Fi, dan global positioning system (GPS).

Bus itu dirancang dengan dek tinggi, seperti bus transjakarta dan kopaja AC. Marulam berharap bus itu juga bisa memanfaatkan jalur bus transjakarta.

”Peremajaan akan dilakukan bertahap. Kami impor bus utuh dari China dan akan menyediakan sekitar 3.000 unit dalam lima tahun. Pengemudi dan kernet juga akan digaji, tidak berdasarkan sistem setoran,” ujar Marulam.

Seperti diketahui, manajemen PT Metromini terpecah sehingga pelayanan terus memburuk. Banyak pemilik merupakan perorangan sehingga sulit dikontrol. Kondisi bus kebanyakan sudah tidak laik jalan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana meremajakan armada bus sedang yang saat ini sebagian besar sudah rombeng. Perilaku sopir pun sering ugal-ugalan sehingga membahayakan penumpang dan tak jarang memakan korban jiwa.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjajal satu bus New Metromini yang dibawa ke Balaikota. ”Busnya bagus. Seharusnya semua bus sedang seperti ini. Spesifikasinya bisa masuk jalur transjakarta. Saya harap bus seperti ini juga bisa melayani penumpang sampai dekat permukiman warga,” katanya.

Akhir tahun ini, Pemprov DKI mendatangkan 346 bus sedang yang baru untuk peremajaan. Jumlah itu diakui masih jauh dari memadai untuk melayani penumpang di Jakarta dan sekitarnya.

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Transportasi Sutanto Soehodo mengatakan, Pemprov DKI Jakarta masih harus melihat spesifikasi bus yang ditawarkan pihak swasta itu. Persetujuan akhir ada di tangan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

”Kalau memang bisa membantu memperbaiki layanan transportasi, mengapa tidak?” kata Sutanto. (FRO/NDY)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s