Home » Transportasi Publik Jakarta » DKI Akan Tambah Bus

DKI Akan Tambah Bus

KAPAN ??? AKAN mulu nih

Terapkan Denda Tertinggi agar Penerobos Jera

JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah DKI Jakarta menargetkan penambahan bus transjakarta sebanyak 732 bus hingga akhir tahun 2013. Di samping minat masyarakat yang semakin tinggi, keluhan tentang jadwal transjakarta yang kadang kala tidak menentu menjadi pertimbangan utama.”Kami berencana menambah 178 bus tunggal, 346 bus sedang, dan 208 bus gandeng hingga akhir tahun 2013. Sedikitnya 158 bus gandeng lainnya ditargetkan juga akan datang tahun 2014,” kata juru bicara Badan Layanan Umum Transjakarta, Prasetyo Budi, di Jakarta, Sabtu (14/12).

Berdasarkan data Badan Layanan Umum Transjakarta, saat ini baru tersedia 579 bus transjakarta. Sebanyak 381 adalah bus tunggal dan 198 bus gandeng. Semuanya beroperasi di 12 koridor dengan 26 rute melahap 43 juta-44 juta kilometer per tahun.

Budi mengatakan, penambahan bus ini idealnya segera dilakukan karena minat masyarakat menggunakan bus transjakarta semakin tinggi. Peningkatan penumpang mencapai 30 persen per tahun antara tahun 2004 dan 2012. Ia khawatir, jika tidak segera ditambah, banyak calon penumpang tidak bisa menikmati layanan transjakarta.

”Minat masyarakat bahkan semakin membeludak setelah sterilisasi jalur transjakarta gencar dilakukan 5 November-5 Desember 2013. Jika sebelumnya hanya 320.000 penumpang per hari, sekarang menjadi 340.000-350.000 penumpang per hari,” kata Budi.

Budi menambahkan, keberadaan bus tambahan itu juga akan didukung penambahan lima stasiun pengisian bahan bakar gas baru. Saat ini baru ada tujuh stasiun pengisian bahan bakar gas di Jakarta. ”Stasiun pengisian bahan bakar gas baru akan dibuat antara lain di Ragunan, Lebak Bulus, Pulogadung, dan Cililitan,” kata Budi.

Bintang, warga Menteng, Jakarta Pusat, berharap penambahan bus bisa menekan jadwal keterlambatan bus transjakarta. Saat ini, ia masih menunggu kedatangan transjakarta rute Pulogadung-Dukuh Atas hingga 30 menit.

”Padahal, biasanya saya hanya menunggu paling lama 5-10 menit. Mungkin karena armadanya sedikit sehingga harus menunggu lebih lama,” katanya.

Rina, warga Kampung Melayu, Jakarta Timur, juga mengeluhkan waktu kedatangan bus transjakarta yang sulit ditebak. Ada kalanya bus transjakarta datang terlalu lama, tetapi sering kali dua hingga tiga bus datang bersamaan.

”Ini membingungkan, mungkin keadaan ini bisa menjadi evaluasi ke depan,” kata Rina, yang kerap menggunakan bus transjakarta rute Kampung Rambutan-Kampung Melayu.

Denda tertinggiKepala Subdirektorat Keamanan dan Keselamatan Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Irfan Prawira berharap, penambahan armada bus bisa menekan kekosongan jalur transjakarta

Irfan khawatir, jalur kosong akan memicu keinginan pengguna jalan lain melanggar lalu lintas dengan memasuki jalur transjakarta. ”Selama sebulan terakhir, polisi sudah 11.927 kali menilang pengguna jalan yang menerobos di enam koridor. Kami berharap tidak harus menilang lebih banyak lagi pada kemudian hari,” katanya.

Oleh sebab itu, Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta Azas Tigor Nainggolan mengusulkan agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memasukkan semua bus umum ke dalam jalur transjakarta selama jumlah bus masih terbatas.

Kebijakan itu diharapkan bisa memudahkan akses calon penumpang. Selain itu, metode tersebut diyakini juga bisa meningkatkan ketertiban pengemudi karena bus hanya bisa berhenti di perhentian tertentu.

”Akan tetapi, ini hanya sementara saja, menunggu kebutuhan ideal armada bus transjakarta terpenuhi,” katanya.

Ia juga berharap polisi dan pengadilan negeri segera menerapkan denda tilang tertinggi. Hal itu pasti akan menimbulkan efek jera bagi pengguna jalan yang menyalahi aturan memasuki jalur transjakarta.

”Jika merujuk Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, denda pelanggar rambu lalu lintas paling tinggi mencapai Rp 500.000. Denda lebih tinggi diatur Peraturan Daerah Nomor 88 Tahun 2007 yang mengganjar pelanggar antara Rp 5 juta dan Rp 50 juta,” katanya. (CHE)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s