Home » Prilaku kaum miskin kota » Jokowi Kesal Pengungsi Mengemis di Jalanan

Jokowi Kesal Pengungsi Mengemis di Jalanan

susah pak, mental “lumpen proletar kota” atau (miskin kota). bagi mereka kemiskinan atau bencana bisa jadi legitimasi untuk mengemis atau memalak. Konyolnya prilaku negatif  macam begini diturunkan oleh politisi elit, atau pejabat tinggi negeri ini.
SELASA, 21 JANUARI 2014 | 20:00 WIB

Jokowi Kesal Pengungsi Mengemis di Jalanan

Gubernur DKI Jakarta Jokowi mengenakan helm dan pakaian proyek saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan lima pasar rakyat di pasar Manggis, Jakarta (6/11). Tempo/Dian Triyuli Handoko

TEMPO.COJakarta – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kesal mengetahui ada pengungsi yang meminta bantuan di pinggir jalan. Jokowi memerintahkan Satpol PP untuk menindak pengungsi yang meminta bantuan di jalan-jalan.

Jokowi lantas menunjukkan sebuah foto yang memperlihatkan seorang anak berusia belasan tahun meminta sumbangan dengan kardus di jalanan. Foto itu diambil ajudan Jokowi saat mereka melintas di lokasi pengungsian Jakarta.

Anak tersebut dikenali sebagai warga korban banjir di Kramat Jati. Adapun peminta-minta sumbangan memang umumnya adalah anak-anak. Mereka meminta sumbangan di sepanjang Jalan Condet Raya hingga ke Jalan Dewi Sartika. “ Lihat, ini Ibu Kota. Janganlah ada yang seperti-seperti ini lagi. Ini tugas Satpol PP menertibkan,” kata Jokowi, Selasa, 21 Januari 2014.

Jokowi meminta lurah dan camat yang wilayahnya dilanda banjir untuk memberi informasi jika ada korban banjir yang berada di jalanan. Apalagi, jika mereka meminta sumbangan kepada pengguna jalan.

Sejak awal, kata Jokowi, pihaknya telah mengkoordinasi penyaluran bantuan untuk korban banjir. Jumlahnya pun melimpah. “Bantuan buat pengungsi tidak sedikit. Banyak,” ujarnya.

Jokowi mengingatkan, apa yang dilakukan para korban banjir ini mengakibatkan kemacetan. Padahal, akibat banyaknya genangan dan banjir, kondisi lalu lintas sudah parah.
WDA | BJ

COPYRIGHT © 2011
TEMPO MEDIA GROUP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s