Home » SOAL BANJIR » Jakarta Kembali Dikepung Banjir

Jakarta Kembali Dikepung Banjir

Kota Jakarta = kota gagal . Hujan sedikit saja langsung banjir dan macet.  Salah urus dan perencanaan seenaknya hasilnya ya seperti sekarang. Mungkin harus kena tsunami dulu baru bisa ditata ulang.

 

Oleh: Andy Riza Hidayat, Mukhamad Kurniawan, dan Ambrosius Harto Manumoyoso 0 KOMENTAR FACEBOOKTWITTER

Jakarta, Kompas Hari ini, Selasa (4/2), sebagian wilayah Jakarta kembali dilanda banjir. Banjir ini terjadi pada hari ke-22 sejak Pemprov DKI Jakarta menetapkan status siaga darurat per 13 Januari 2014. Warga mulai lelah sebab banjir terjadi secara fluktuatif.”Banjir belum pernah putus sejak Januari lalu. Kami baru saja mulai membersihkan rumah, sekarang harus kembali mencari tempat mengungsi,” kata Ega Endarja, Ketua RW 003 Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (4/2) di Jakarta.

Ega mengaku tidak jarang dirinya tidak bekerja sejak banjir melanda mulai awal tahun ini. Dia sibuk mendorong warga menyelamatkan diri serta mengoordinir dan memediasi bantuan di lapangan. ”Sampai bosan saya melihat banjir,” kata Ega.

Hari ini sejumlah sungai meluap karena hujan lebat sejak Senin (3/2) malam sampai Selasa (4/2) pagi. Hujan yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya juga memicu terjadinya genangan di sejumlah ruas jalan. Adapun kali yang dilaporkan meluap antara lain Kali Ciliwung, Angke, dan Sunter.

Kepala Seksi Informatika Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Bambang Surya Putra membenarkan kondisi aliran air Kali Ciliwung kini cenderung naik. Air masuk ke permukiman warga sejak pukul 06.00. Sampai pukul 12.00, ketinggian muka air mencapai 2,5 meter sampai 3 meter.

BPBD DKI mencatat, hari ini wilayah terdampak banjir berada di 69 RW di 19 Kelurahan. Paling tidak ada 95.942 jiwa yang merasakan dampak banjir di wilayah itu. Sementara jumlah pengungsi tercatat 14.308 orang yang berada di 51 lokasi pengungsian.

Luapan Ciliwung menyebabkan genangan di Jalan Abdullah Syafei Tebet dan Jalan Jatinegara Barat. Selain itu, luapan juga menggenangi kembali permukiman padat di Kampung Pulo dan Bukit Duri.

Masih di Jakarta Timur, banjir akibat luapan Kali Sunter menyebabkan permukiman penduduk di Cipinang Melayu tergenang. Besarnya debit Kali Sunter dan Cipinang menyebabkan permukaan Kanal Timur naik sehingga air dari sejumlah sungai di wilayah Bekasi tidak bisa mengalir lancar. Akibatnya, sejumlah perumahan yang berdekatan dengan Kanal Timur kembali tergenang, seperti Duta Kranji, Harapan Baru, dan Pejuang Jaya.

Di Jakarta Barat, genangan terpantau di sejumlah ruas jalan sehingga menimbulkan kemacetan parah atau bahkan tak bisa dilalui, seperti di Jl Kembangan Utara Raya, Kompleks Taman Permata Buana, Jl Panjang depan perum Green Garden, Jl Mangga Besar Kepaduri, Jl Bandara Soekarno-Hatta, Jl Semanan Raya dekat pasar, Jalan Daan Mogot depan Samsat, Jl Kebon Jeruk Raya, Jl Arjuna Selatan Kemanggisan pinggir tol, Jl Tanjung Duren Raya, dan Jl Tomang depan kampus Trisakti.

Akibat genangan itu, lalu lintas di Jalan S Parman macet 3 km dari Slipi ke Tomang. Transjakarta hanya melayani penumpang hingga halte RS Harapan Kita. Di Jl S Parman atau di depan Mal Ciputra genangan pada pukul 11.00 setinggi 30 cm.

Masih mengungsiBerulangnya banjir membuat sejumlah pengungsi memutuskan tetap berada di pengungsian, seperti di Jalan Jatinegara Barat.

Di lokasi ini tercatat 2.388 pengungsi berteduh di tenda-tenda yang dibangun di atas aspal jalan. Kebanyakan perempuan dan anak-anak.

Hingga Selasa siang, permukiman warga di Kelurahan Kampung Melayu masih tergenang 30-150 cm dengan radius genangan 15 meter dari bibir Sungai Ciliwung.

Seorang pengungsi, Yayat, mengaku belum berani kembali ke rumah. Sudah sebulan ini Yayat tidak bisa berdagang karena warung di rumahnya terendam air. (a12/13)

KOMENTAR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s