Home » Transportasi Publik Jakarta » Ahok vs Angkot

Ahok vs Angkot

Sudahlah Angkot itu digeser ke pedesaan saja.. Masa Kota Metropolitan masih ada ” angkutan kota”..

 

Ahok: Sopir Angkot Anarkis Akan Dipenjara

Para sopir angkot kesal lantaran BKTB masuk trayek mereka.

ddd
Rabu, 12 Februari 2014, 09:51 Siti Ruqoyah, Rohimat Nurbaya
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (ANTARA/ Tomi Pratama)

 

VIVAnews – Puluhan sopir angkot Koperasi Wahana Kalpika (KWK) merusak Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) di kawasan Tambora, Jakarta Barat Selasa siang kemarin. Para sopir kesal dengan keberadaan bus baru tersebut karena kendaraan itu melintasi trayek mereka yakni Pantai Indah Kapuk-Monas.

Para sopir awalnya berdemo di jalur bus, kemudian menghadang bus yang melintas hingga akhirnya menjadi anarkis. Bus itu rusak di beberapa bagian menggunakan batu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengaku geram dengan tindakan mereka. Seharusnya sopir angkot tersebut tidak sampai berbuat anarkis apabila melakukan penolakan.

Tindakan anarkis itu, kata Basuki sudah masuk kategori kriminal. “Kalau anda anarkis, ya kita penjarain itu sederhana saja. Anda kalau mau bawa golok saya tembak, itu ada protap sederhana. Jadi Anda tidak bisa seenaknya untuk menekan orang supaya naik angkot Anda,” kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Rabu, 12 Februari 2014.

Disampaikan Ahok sapaan Basuki, jika masyarakat lebih memilih naik BKTB ketimbang angkot, itu membuktikan jika mereka sudah enggan naik angkot yang dinilai tidak menjamin kebersihan, kemanan, sering ngetem dan berhenti di sembarang tempat.

“Kalau begitu siapa yang mau naik angkot?. Yang punya motor saja langsung naik motor. Ini kelasnya beda. Angkot anda tarifnya Rp2 ribu. Terus ini Rp6 ribu, ini bukan pangsa pasar sopir angkot,” katanya.

Ahok Minta Polisi Tangkap Pelaku Perusak BKTB

Bus itu dirusak sopir angkot saat melintas di kawasan Tambora.

ddd
Rabu, 12 Februari 2014, 08:18 Siti Ruqoyah, Rohimat Nurbaya
Bus-bus baru BKTB yang berada di UP Transjakarta Cawang

VIVAnews – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama kesal dengan kejadian perusakan Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) di Jalan Kopi, depan gedung Bank Artha Graha, Roa Malaka, Tambora, Jakarta Barat, Selasa kemarin.

Basuki menuturkan, terkait dengan kejadian itu, dia sudah memerintahkan orang untuk memfoto para pelaku. Dia juga akan mendesak kepolisian agar segera menangkap pelaku perusakan itu.

“Makanya saya sudah bilang harus dipidana. Harus dilaporkan orangnya. Saya udah suruh foto siapa orangnya, dilaporkan ke polisi juga sudah,” ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Rabu 12 Februari 2014.

Ahok sapaan Basuki mengatakan, pihaknya akan melakukan pembicaraan dengan para sopir angkot dan meminta mereka untuk menjadi sopir bus terintegrasi atau busway.

“Tetapi percuma ada pembicaraan juga. Kami sudah jelaskan berkali-kali. Anda kami tarik jadi sopir. Kami sopir butuh banyak. Ini orang orang yang beringas saja. Sama seperti metromini dulu,” katanya.

Puluhan sopir diketahui melempari BKTB B 7713 IV dengan batu. Akibatnya BKTB tersebut mengalami pecah kaca di samping kemudi sopir, dan pintu masuk sebelah kiri.

Peristiwa itu terjadi Selasa siang sekitar pukul 13.15. Saat itu bus melintas di Jalan Kopi dari arah Penjaringan, Jakarta Utara. Tepat di depan gedung Bank Artha Graha Roa Malaka bus dihadang puluhan sopir dengan angkot mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s