Home » SOAL IJIN -PERIJINAN » Jokowi Jadikan Taman Ria Senayan Area Komersil

Jokowi Jadikan Taman Ria Senayan Area Komersil

Lha piye iki.. Jok !

Ok yang brengsek adalah orang di Setneg yang memberikan ijin area taman ria menjadi area komersil. Terus lahan ini mau dijadikan Mall apa lagi ?? Pusing deh urusan DKI ini , memang duit dan otot (dulu bedil) yang berbicara.

Urusan Taman Ria Senayan dan impor bus China membuat masyarakat jadi terbuka matannya siapa sebenarnya mister Joko Widodo  yang sebenar benarnya..

 

 

 

SENIN, 17 FEBRUARI 2014 | 06:08 WIB

Jokowi Jadikan Taman Ria Senayan Area Komersil

Lahan Taman Ria Senayan, Jakarta. TEMPO/Subekti.

TEMPO.CO Jakarta – Nasib Taman Ria akan jadi tempat komersil. Dinas Tata Ruang DKI Jakarta telah menjadikan area Taman Ria Senayan berwarna ungu dalam Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) 2030. Padahal di zaman Gubernur Fauzi Bowo, Taman Ria Senayan dipertahankan sebagai area hijau.

“Pada zaman Foke, izin pembangunan mal dihentikan, karena ada protes masyarakat. Tapi kemudian pihak mal banding, dan menang. Jadi izin yang mereka miliki tetap berlaku,” kata Kepala Bidang Perencanaan Dinas Tata Ruang DKI Jakarta, Darwin Syam Siregar, saat ditemui Tempo, Kamis, 14 Februari 2014, di ruang kerjanya, kantor Dinas Tata Ruang, Jalan Abdul Muis, Jakarta.

Taman Ria Senayan berada di bawah pengelolaan Sekretariat Negara. Sejak awal, kata Darwin, pihak Setneg memang telah mengeluarkan izin bahwa area tersebut jadi tempat komersil. “Dari dulu memang sudah begitu, sudah keluar izinnya,” kata Darwin.

Pada zaman Gubernur Fauzi Bowo, sengketa lahan Taman Ria Senayan terjadi. Foke, sapaan Fauzi Bowo, berkeras menjadikan Taman Ria sebagai area hijau. Izin pembangunan mal pun dihentikan. Tak terima, PT Ario Bimo Laguna Perkasa, yang mengantongi iizin, membawa kasus ini ke PTUN. Pemrov DKI kalah dan mengajukan banding.

Pengadilan terus berlanjut dan sampai tingkat kasasi, pihak Pemprov DKI tetap kalah. “Jadi izin yang mereka miliki tetap berlaku,” kata Darwin.

Dijadikannya Taman Ria Senayan jadi area komersil mendapat kritikan pengamat tata kota Marco Kusumawijaya. “Jokowi katanya akan stop pembangunan mal, kenapa Taman Ria berubah jadi komersial,” kata Marco pada Tempo saat ditemui, Selasa, 11 Februari 2014, di kantornya, Jalan Timor, Menteng, Jakarta. Dia menambahkan, dijadikannya Taman Ria sebagai area komersil jelas akan mengurangi ruang terbuka hijau yang ada di Jakarta.

AMIRULLAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s