Home » Kualitas Transportasi Publik » Bus TransJ bukan saja berkarat tapi mudah terbakar !

Bus TransJ bukan saja berkarat tapi mudah terbakar !

Wooi Gubernur Jokowi gmn nih Transjakarta kok makin parah ya

Selasa, 08/04/2014 15:07 WIB
Ini Dahsyatnya Kobaran Api yang Menghanguskan TransJ di Pasar Rumput
Nala Edwin – detikNews

Foto: Nurmai Fadillah (pasangmata.com) Jakarta – Asap tebal akibat kebakaran bus TransJ di sekitar Pasar Rumput sempat terlihat hingga Terminal Manggarai. Kendaraan di Jalan Sultan Angung juga sempat berputar untuk menghindari kebakaran tersebut.

Nurmai Fadillah, salah seorang pekerja di kawasan Pasar Rumput, sempat mejepret kobaran api yang menghanguskan mobil tersebut. Kobaran api ini sangat besar dan membakar seluruh bagian bus koridor IV (Pulogadung-Dukuh Atas) tersebut.

“Terbakarnya di jalur TransJ dan saat kebakaran jalanan ditutup,” tulis Nurmai di pasangmata.com, Selaasa (8/3/2014).

Dari foto yang dikirimkan Nurmai terlihat ada rambu lalu lintas yang terkena jilatan api. Kebakaran yang terjadi dari pukul 12.45 WIB ini bisa dipadamkan tiga mobil pemadam pada pukul 13.30 WIB. Saat ini bus tersebut belum diderek petugas dan masih berada di sekitar Pasar Rumput.

+++
Selasa, 04 Maret 2014 , 06:06:00
Busway Sering Terbakar, Operator Dievaluasi

JAKARTA PUSAT – Diandalkan sebagai angkutan transportasi masal di ibu kota, bus Transjakarta (busway) justru tidak pernah lepas dari masalah. Setelah heboh pengadaan bus bekas dari Tiongkok (yang direkondisi menjadi baru), belakangan ini banyak armada busway yang terbakar di jalan saat mengangkut penumpang. Hal itu memicu desakan untuk mengevaluasi kinerja operatornya.

Rencana evaluasi terhadap kinerja operator Transjakarta itu diungkapkan oleh Kepala Unit Pengelola (UP) Transjakarta Pargaulan Butar-Butar Senin (3/3). Menurut Pargaulan, pihaknya berkali-kali memperingatkan operator agar meningkatkan ketelitian dalam merawat armada mereka. Pihaknya sudah memiliki jadwal pengecekan kondisi bus setiap Sabtu.

Selain itu, ada tim yang disebar ke setiap titik untuk memantau kondisi setiap bus Transjakarta saat beroperasi. “Hanya saja, semua itu tetap harus didukung masing-masing operator,” ujar dia.

Dia menegaskan, pihaknya sudah berupaya secara maksimal untuk memberikan rasa nyaman dan aman terhadap penumpang Transjakarta. Terkait kasus bus Transjakarta yang mengeluarkan asap putih tebal saat melintas di jalanan sekitar bundaran Hotel Indonesia (HI) pada Sabtu petang lalu (1/3), dia memastikan hal itu tak berbahaya. Mesin ken­daraan tersebut sudah dilengkapi alat pemadam secara otomatis.

“Sebenarnya (bus) bukan terbakar. Cuma mesin mengeluarkan semburan api, tetapi langsung padam,” jelas dia.

Dia juga menjelaskan soal bus Transjakarta yang juga terbakar di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada hari yang sama. Dia beralasan kondisi bus itu sudah tua.

Sementara itu, Wagub DKI Basuki T. Purnama (Ahok) berjanji untuk mengevaluasi operator bus Transjakarta. Menurut dia, hampir seluruh bus yang ada produksi Tiongkok dengan kualitas rendah. “Cari yang kualitasnya internasional dong. Jangan asal murah,” kritiknya. (fai/oni/dwi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s