Home » Nata de Kota » Ratusan Pedagang Blok G Tanah Abang Kembali Berjualan di Jalan

Ratusan Pedagang Blok G Tanah Abang Kembali Berjualan di Jalan

Rabu, 9 April 2014 15:59 WIB
Ratusan Pedagang Blok G Tanah Abang Kembali Berjualan di Jalan
Warta Kota/Alex Suban
Pedagang bercengkerama menunggu pembeli di Pasar Blok G Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (12/11/2013).Sejak pasar itu diresmikan 2 September 2013, para pedagang mengaku bahwa masih sedikit pembeli yang datang ke pasar itu sehingga barang dagangannya sulit laku terjual. (Warta Kota/alex suban)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pasar Blok G yang menjadi tempat relokasi pedagang kaki lima kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (9/4/2014) sudah sangat sepi.
Ratusan kios-kios yang disiapkan untuk para pedagang sudah ditinggalkan dan kebanyakan para pedagang turun kembali ke jalan. Menurut salah seorang pedagang Pasar Blok G lantai 2, Tata (35) mengaku sudah sangat pusing berjualan di pasar yang menjadi kebanggan dari Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.

Pasalnya, selama hampir dua bulan barang dagangannya tak kunjung laku dari para pembeli.

“Sudah pusing bos, mau ngomong sampai berbusa juga enggak akan ada perubahan,” keluh pria yang biasanya berjualan tas itu di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dia menjelaskan bahwa kondisi kios-kios yang sudah ditinggal oleh para pedagang sejak hampir dua bulan. Hal ini dikarenakan masih banyak PKL yang berjualan di sekitaran Pasar Tanah Abang. Terlebih penjagaan oleh para petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sudah tidak ketat.

“Pada tanggal 1 April 2014 lalu, saat tanggal merah, para pedagang turun. Soalnya enggak ada yang jaga dari petugas Satpol PP,” kata pria yang tinggal di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat itu.

Ayah dari satu orang anak itu mengatakan bahwa di persimpangan jalan dari Masjid Al-Makmur menuju Jalan Kebon Jati, banyak PKL yang berjualan. Namun, para petugas Satpol PP tidak mengetahui keberadaan para PKL itu. Hal ini dikarenakan mereka berjualan sedikit mengumpat dan ditutupi oleh seng-seng bangunan.

“Biasanya jualan sekitar jam sepuluhan pagi. Gimana mau laku Blok G kalau masih ada PKL,” katanya.

Akan tetapi, dia mengaku tidak berani untuk kembali turun ke jalan. Hal ini dikarenakan menyalahi aturan Peraturan Daerah (Perda) no 8 tahun 2007 tentang ketertiban umum. Oleh sebab itu, dia masih bersabar sampai eskalator dan jembatan penghubung Pasar Blok G dan Pasar Blok F rampung dikerjakan.

“Saya belum berniat untuk turun. Kalau turun takut diangkut sama Satpol PP. Walaupun ga ada penglaris selama 2 bulan, saya tetap nunggu eskalator dan jembatan penghubung jadi. Kalau jadi siapa tahu Pasar Blok G bisa ramai,” tuntasnya.

Wakil Kepala Pasar Blok G, Mohammad Warno menjelaskan bahwa ada sebanyak 529 pedagang yang berada di kios lantai 2 dan 3 diberikan surat peringatan pertama oleh pihak pengelola Pasar Blok G. Hal ini dikarenakan para pedagang menutup kiosnya selama tujuh hari berturut-turut.

“Yang diberikan peringatan pertama di lantai 3 ada 200 pedagang. Sedangkan di lantai 2 ada sekitar 329 pedagang,” kata Warno.

Warno menjelaskan bahwa ada sekitar 60 pedagang yang berada di lantai 1 sampai 3 Pasar Blok G yang sedang dalam proses pengalihan kunci kios. Untuk proses itu langsung dilaksanakan oleh Pihak PD Pasar Jaya. Pasalnya, para pedagang sudah diberikan surat peringatan 1 sampai 3.

“Itu yang terakhir ada 60 kios yang sudah dialihkan terima kiosnya,” katanya.

Dia mengaku tidak bisa mencegah pedagang untuk menutup kiosnya. Pasalnya, para pedagang sendiri tidak memiliki ke kreatifitasan dalam menjual produk-produk di bangunan dengan empat lantai itu.

“Untuk antisipasi pedagang untuk tidak turun menunggu dari kebijakan dari Pemprov DKI. Kita hanya berharap agar eskalator dan jembatan penghubung rampung dikerjakan biar Pasar Blok G ramai,” tuntasnya. (Bintang Pradewo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s