Home » SOAL BANJIR » Taman Waduk Ria Rio Dibangun dengan Konsep Terasering

Taman Waduk Ria Rio Dibangun dengan Konsep Terasering

Rabu, 30 April 2014 | 14:47 WIB
Alsadad RudiGambar rancangan rencana pembangunan kawasan waduk Ria Rio, Cakung, Jakarta Timur, yang nantinya akan dilengkapi terasering

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun sebuah taman kota di Waduk Ria Rio, Cakung, Jakarta Timur. Namun tak seperti taman kota pada umumnya, taman kota di lokasi tersebut akan dibangun dengan konsep terasering. 

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Budi Karya Samadi mengatakan, pembuatan terasering bertujuan untuk mitigasi banjir. Selain itu, keberadaan terasering juga dimaksudkan agar bentuk taman kota terlihat lebih indah. 

“Taman ini akan menjadi taman yang punya desain luar biasa yang secara fisik akan terlihat cantik, dan ada juga rekayasa teknologinya. Sehingga diharapkan ini akan menjadi contoh bagi pengembangan taman-taman kota yang ada di kota besar lainnya,” kata Budi seusai rapat dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaka Purnama, di Balaikota Jakarta, Rabu (30/4/2014). 

Budi menjelaskan, nantinya terasering akan dapat mengatur volume air yang sering menggenangi kawasan tersebut pada musim hujan. Namun di sisi lain, bisa menjadi area bermain saat musim kemarau. Selain itu, terasering juga bisa berfungsi menjadi daerah tangkapan air hujan. 

Lebih lanjut Budi menjelaskan, dengan adanya terasering tersebut, volume air di waduk Ria Rio bisa lebih ditingkatkan, dari 65 ribu meter kubik menjadi 180 ribu meter kubik. 

“Kalau dikerjakan secara baik akan bisa memberikan coveragebanjir selama 25 tahun atas lahan tanah pengembangan 400 hektar di belakangnya. Jadi Insya Allah, kawasan Pulo Mas tidak akan banjir lagi,” tukasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s