Home » SOAL ERP » Bulan Depan, Mobil Lewat Rasuna Said Harus Bayar

Bulan Depan, Mobil Lewat Rasuna Said Harus Bayar

Senin, 11 Agustus 2014 15:28 WIB
Bulan Depan, Mobil Lewat Rasuna Said Harus Bayar
kompas.com
ERP yang diterapkan di Jakarta.

JAKARTA, TRIBUNNEWS.COM – Dinas Perhubungan DKI Jakartaberencana melakukan uji coba penerapan jalan berbayar atau Electronic Road Pricing (ERP) di Jalan Rasuna Said, Kuningan,Jakarta Selatan pada September 2014 mendatang. Kali ini uji coba ERP dilakukan oleh perusahaan asal Norwegia, yaitu Q-Free.

Sebelumnya Dishub DKI Jakarta telah melakukan uji coba ERP di depan Gedung Bank Panin, Jalan Jendral Sudirman, Tanah Abang,Jakarta Pusat, 15 Juli lalu. Pada saat itu, PT Kapsch yang melaksanakan uji coba tersebut.

“Perkembangan ERP kan sudah di uji coba oleh PT Kapsch. Kalau yang Q-free akan dilaksanakan uji coba pada bulan September lah,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muhammad Akbar di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (11/8/2014).

Menurutnya, PT Q-Free telah membuat fondasi untuk membangun gerbang (gate-red) untuk ERP. Rencananya, pelaksanaan uji coba ERP akan dilaksanakan dari arah Mampang, Jakarta Selatan ke Menteng, Jakarta Pusat.

“Sekarang sudah dibikin fondasi di Jalan Rasuna Said dekat Gedung Setia Budi. Rencananya uji coba dari arah selatan ke utara yaitu Mampang ke arah Menteng,” tuturnya.

Mantan Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat itu mengatakan bahwa penerapan uji coba di Jalan Rasuna Said tidak ada bedanya dengan di Jalan Jendral Sudirman.

Hal ini dikarenakan, kendaraan tetap melintasi gerbang ERP dengan menggunakan On Board Unit (OBU). Hanya ada satu gerbang ERP dalam uji coba di Jalan Rasuna Said.

“Ini hanya menguji alatnya saja, dan melihat kondisi lalu lintas. Karena menguji alat kita mencari lokasi yang benar-benar, dari sisi gangguan freuensi bersih seperti itu. Ini uji coba kedua,” ungkapnya.

Dari hasil uji coba ERP yang dilakukan akan menjadi pertimbang Dishub DKI dalam melaksanakan uji coba ERP di Jakarta. Menurutnya, belum ada evaluasi dari uji coba ERP yang dilaksanakan di Jalan Jendral Sudirman.

“Kita belum tahu, karena yang baru melaksanakan PT Kapsch. Kalau yang Q-Free belum. Prinsipnya sama, yaitu dia menggunakan single one piece obu yang kecil. Komunikasinya menggunakan pasif DRIC,” kata dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s