Home » Transportasi Publik Jakarta » Bus Transjakarta Terbakar Buatan China Tahun 2013

Bus Transjakarta Terbakar Buatan China Tahun 2013

Selain pabrikannya dodol..urusan perawatan Transjakarta pasti ada “main” .
Jika UP Transjakarta terbukti tidak becus merawat bus, kenapa urusan perawatan Transjakarta tidak kerjasama dengan perusahaan yang merawat kendaraannya sangat mumpuni seperti BLUE BIRD..

Thu, 28 Aug 2014 10:45:00 GMT | By Tribunnews

Transjakarta Ekspres jurusan Kalideres-Blok M dengan nomor TJ 022 yang terbakar di halte Mesjid Agung Al-Azhar tidak dikelola oleh operator.

Bus Transjakarta terbakar (© Tribunnews)

Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Transjakarta Ekspres jurusan Kalideres-Blok M dengan nomor TJ 022 yang terbakar di halte Mesjid Agung Al-Azhar tidak dikelola oleh operator.

Kepala Unit Pengelola (UP) Transjakarta Pargaulan Butar-Butar menjelaskan unit bus itu dibeli melalui APBD DKI 2013 dan dikelola oleh UP Transjakarta.

“Bus ini tidak dikelola oleh operator, tapi oleh kami (UP Transjakarta) sendiri. Bus ini pabrikan China merek Yutong, pembelian tahun anggaran 2013,” kata Butar-Butar kepada Kompas.com, di Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Ada 10 unit bus transjakarta ekspres yang melintas di jurusan tersebut. Butar-Butar menjelaskan, api yang berkobar sejak pukul 07.30 WIB pagi telah dipadamkan.

Selanjutnya, UP Transjakarta berencana menarik bus itu ke pool Pinangranti, Makasar, Jakarta Timur.

“Kita belum tahu apa polisi di lapangan juga mau mengambil alih bus itu. Tapi, saya inginnya bus itu langsung ditarik ke pool (Pinangranti),” kata Butar-Butar.

Bus transjakarta ekspres itu terbakar di depan halte Mesjid Agung Al-Azhar. Pihak UP Transjakarta masih menyelidiki penyebab dan sumber api peristiwa itu. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

 

++++

Jokowi Periksa Bus Transjakarta yang Terbakar

Jokowi Periksa Bus Transjakarta yang Terbakar  

Warga terlihat menjauhi bus Transjakarta yang terbakar di depan Masjid Al-Azhar, Jakarta, 28 Agustus 2014. Api yang membakar bus ini juga merembet ke bangunan halte busway Masjid Agung. Foto: Secta Arianto

 

TEMPO.CO, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan dirinya bakal mengecek kebakaran bus Transjakarta jurusan Blok M-Kota. Pengecekan yang dimaksud adalah penyebab dan spesifikasi bus, termasuk tahun pembelian bus yang terbakar itu.

“Ini yang terbakar tahun berapa pembeliannya, karena sebelumnya ada yang terbakar dibeli 3 tahun lalu,” katanya di Balai Kota, Kamis, 28 Agustus 2014. (Baca: Bus Transjakarta Yang Terbakar Berusia 8 Bulan)

Kepala Unit Pengelola Transjakarta Pargaulan Butarbutar menuturkan peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 07.30 WIB. Saat peristiwa nahas itu menimpa, bus sedang menurunkan penumpang di halte. (Baca: Bus TransJakarta yang Terbakar Diimpor dari Cina)

Menurut saksi mata dan keterangan pengelola Tranjakarta, awalnya terdengar ledakan, lalu tiba-tiba muncul api yang semula kecil dan langsung membesar cepat. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. “Saat mengetahui ada percikan api kecil, pengemudi dan petugas langsung menurunkan semua penumpang,” kata dia. (Baca: Transjakarta Terbakar, Saksi Mata Dengar Ledakan)

Ia mengaku peristiwa kebakaran tersebut masih diselidiki. “Belum tahu persis penyebab dan sumber apinya dari mana,” ucapnya.

Pargaulan menambahkan, kebakaran bus sudah berhasil dipadamkan sekitar pukul 08.55 WIB. Rencananya bus akan dibawa ke pul di Pinang Ranti, Jakarta Timur.

ERWAN HERMAWAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s