Home » Transportasi Publik Jakarta » Angkutan Umum Bersiap

Angkutan Umum Bersiap

JUMAT, 14 NOVEMBER 2014

Harga BBM Naik, Penumpang Mungkin Bertambah

JAKARTA, KOMPAS — Pengelola berbagai moda angkutan umum di Jakarta mulai bersiap menghadapi kenaikan harga BBM yang mungkin akan segera terjadi. Selain penyesuaian tarif, pengelola angkutan umum bakal berbenah karena ada potensi lonjakan penumpang setelah kenaikan harga BBM.Koordinator Suara Transjakarta David Tjahjana memperkirakan, ada kenaikan jumlah penumpang transjakarta seiring kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. ”Kalau perkiraan kasar, sekitar 30 persen tambahan penumpang setelah harga BBM bersubsidi naik,” katanya, Kamis (13/11).

Kenaikan harga BBM bersubsidi mendorong pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan angkutan umum karena selisih biaya transportasi yang signifikan. Ditambah lagi, akan ada kebijakan pelarangan sepeda motor melintasi Jalan MH Thamrin-Jalan Medan Merdeka Barat. Karena itu, kemungkinan akan ada pengguna kendaraan bermotor pribadi berpindah menjadi pelanggan angkutan umum, khususnya transjakarta. Apalagi, jaringan transjakarta cukup luas sehingga memudahkan mobilitas warga di wilayah Jakarta.

David menilai, sterilisasi jalur transjakarta harus dilakukan agar mobilisasi bus lancar dan waktu tempuh bus efisien. Namun, operator wajib memastikan setiap bus dalam kondisi andal sehingga gangguan di perjalanan bisa diminimalkan.

Sejumlah pengelola angkutan umum memastikan akan ada perubahan tarif yang signifikan jika harga BBM, seperti solar dan premium, subsidi naik.

Direktur Umum Perum PPD Pande Putu Yasa mengatakan, kenaikan tarif angkutan terintegrasi transjabodetabek tergantung dari persentase kenaikan harga BBM. Selain itu, kenaikan tarif harus mengacu pada aturan pemerintah yang diterapkan Kementerian Perhubungan.

Adapun awak angkutan umum kopaja AC dan metromini berharap, ada subsidi dari pemerintah untuk angkutan umum. Menurut pengelola, mereka tidak bisa serta-merta menerapkan kenaikan tarif tinggi karena khawatir penumpang kabur.

Kepala Operasi Koperasi Wahana Kalpika (KWK) Jakarta Utara Farid Effendi mengatakan, beberapa tahun terakhir sebagian pengusaha angkutan kesulitan mengimbangi kenaikan harga bahan bakar, onderdil, dan
lainnya. Mereka kini menganggurkan kendaraannya karena terus rugi.

”Saat ini, angkutan kota di Jakarta Utara yang beroperasi ada sekitar 1.200 unit dari total 1.400 unit yang ada karena sepi penumpang akibat maraknya kendaraan pribadi. Perlu campur tangan kebijakan pemerintah agar angkutan bisa berkembang,” ujarnya.

Para penyedia jasa penyeberangan tujuan Kepulauan Seribu memilih tidak menaikkan tarif terburu-buru. Kamis kemarin, mereka masih mematok tarif Rp 35.000 per penumpang rute Muara Angke-Pulau Tidung.

Tambah perjalananPT KAI Commuter Jabodetabek menambah dua rangkaian KRL mulai Senin (17/11). Dengan tambahan ini, ada tambahan 10 perjalanan di lintas Bogor dan 12 perjalanan di lintas Serpong.

Dirut PT KAI Commuter Jabodetabek Tri Handoyo mengatakan, penambahan ini ditujukan untuk mengantisipasi pertambahan penumpang setelah kenaikan harga BBM bersubsidi.

Sementara Perum PPD segera menambah 78 unit bus transjabodetabek sehingga total bus yang beroperasi nanti menjadi 88 unit. Bus itu melayani rute Blok M-Ciputat serta tiga rute baru, yakni Tangerang-Ancol, Depok- Grogol, serta Summarecon Bekasi-Bundaran HI. ”Pada Minggu ketiga bulan Desember, bus-bus itu akan datang,” kata Pande.

Pengamat transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Tory Damantoro, berpendapat, subsidi BBM idealnya dipakai untuk membangun sistem transportasi publik. Khusus untuk Jabodetabek, kompensasi bisa dimanfaatkan untuk meremajakan kendaraan, mengonsolidasi operator perseorangan menjadi badan usaha, dan memperbaiki layanan. Perbaikan itu antara lain mengganti izin trayek dengan kontrak jasa pengangkutan berkualitas.

(ART/MKN/WIN/DEA/PIN)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: