Home » Kualitas infrastruktur » project infratruktur » Ahok Diminta Beli Tiang Monorel Mangkrak untuk Proyek Bus Layang

Ahok Diminta Beli Tiang Monorel Mangkrak untuk Proyek Bus Layang

Kalau tidak bisa di manfaatkan lebih baik digusur dan dijadikan pohon rindang.. Tiang monorel gagal total ini sudah mengganggu estetika kota !!

Zulfi Suhendra – detikfinance
Kamis, 18/12/2014 14:02 WIB
//images.detik.com/content/2014/12/18/4/monorelmangkrak.jpg
Jakarta -Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) tak mau melanjutkan proyek pembangunan monorel Jakarta yang dipegang oleh PT Jakarta Monorail. Ada usulan tiang-tiang monorel yang mangkrak sudah bertahun-tahun tersebut dibeli dan dipakai untuk membangun bus layang. 

Ketua bidang Advokasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Dharmaningtyas menuturkan, secara ekonomi proyek tersebut memang tidak layak dan efisien, sehingga bila dipaksakan maka tarif untuk monorel akan sangat mahal. Sehingga PT Jakarta Monorail, selaku pengembang perlu mempertimbangkan daya beli masyarakat.

“Secara ekonomis memang tidak menguntungkan. Konsekuensinya tarif akan tinggi, tapi kalau tinggi siapa yang mau naik?” tanya Dharmaningtyas kepada detikFinance, Kamis (18/12/2014). 

Pengamat transportasi kota ini juga mengatakan moda transportasi monorel bila dipaksakan maka tidak laku, sehingga bisa bangkrut. “Lalu kalau begitu siapa yang akan menanggung biaya operasionalnya?” tanya Dharmaningtyas lagi.

Ia mengusulkan, daripada membangun proyek monorel dan kini tiang-tiang monorel tersebut terbengkalai, lebih baik pemerintah provinsi DKI Jakarta membeli tiang-tiang tersebut dan membangun proyek bus TransJakarta layang. Proyek itu akan lebih efisien dan ekonomis.

“Beli saja oleh pemprov tiang-tiang tersebut untuk bangun busway layang yang dioperasikan PT TransJakarta, operasional lebih murah. Perbandingannya bisa 10 kali lipat,” tutupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s