Home » SOAL BANJIR » Banjir Kembali Landa Jakarta

Banjir Kembali Landa Jakarta

Senin, 9 Februari 2015

JAKARTA, KOMPAS — Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Minggu sore hingga Senin (9/2) siang mengakibatkan hampir seluruh wilayah Ibu Kota dilanda banjir. Tinggi genangan di sejumlah kawasan yang mencapai 80 cm menghambat arus lalu lintas. Sementara ribuan keluarga yang menghuni tepi Kali Ciliwung terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman demi menghindari luapan air sungai tersebut. Situasi ini mengulang kejadian serupa tahun lalu. Banjir Jakarta bukan saja disebabkan oleh luapan sungai, melainkan juga buruknya drainase perkotaan dan tata ruang.

Sebagian besar wilayah Jakarta Utara terendam banjir. Banjir terjadi merata di enam wilayah kecamatan di Jakarta Utara. Area Kelapa Gading tercatat paling parah, dengan ketinggian air hingga 80 sentimeter.

Kondisi serupa terjadi di Sunter, Kecamatan Tanjung Priok, dengan titik terparah di Danau Sunter. Danau ini kembali meluap sehingga membuat jalur transportasi lumpuh.

Di Jalan Gunung Sahari, Kecamatan Pademangan, banjir merendam jalan utama ini dengan ketinggian hingga 40 sentimeter. Puluhan kendaraan terjebak dan tidak mampu melalui hadangan banjir.

Di kawasan Mangga Dua, arus listrik padam pukul 10.00 hingga 13.47. Aktivitas karyawan di beberapa kantor berhenti sementara.

Menurut Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana Kota Jakarta Utara Dedy Tirmizi, pihaknya masih mendata lokasi dan titik banjir, utamanya yang paling membutuhkan evakuasi. Sejauh ini, sekitar lima titik pengungsian telah disiagakan bagi warga yang terjebak banjir.

”Kami terus bersiaga mengantisipasi dampak banjir yang semakin meluas. Apalagi banjir kali ini jauh lebih tinggi dibandingkan bulan lalu,” kata Dedy.

Sementara itu tebing Kali Ciliwung di RT 006 RW 001, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, tergerus. Akibatnya, pohon randu setinggi 5 meter lebih yang tumbuh di tebing itu tumbang dan menyeret dua rumah warga. Pohon itu pun menimpa dua rumah warga yang lainnya.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Namun, peristiwa itu menyebabkan satu keluarga kehilangan tempat tinggal, yakni keluarga Roni (64). Rumah Roni langsung ambrol saat pohon randu itu tumbang. Kemudian disusul rumah Ade (50) yang berada di sebelah kanan rumah Roni ikut ambrol sebagian, selebar 1,5 meter.

Pohon randu yang tumbang itu pun menimpa dua rumah lainnya yang ada di sebelah kiri rumah Roni, yakni rumah keluarga Gustaf Siringo Ringo (70) dan Jon Satar (61).

Roni bersama istri, Sutinah (60); dan anaknya, Reni Selvianti (40), kini mengungsi di rumah kerabatnya yang terdekat. Sementara korban lain berusaha menyelamatkan harta bendanya masing-masing.

Kereta terganggu Banjir menyebabkan perjalanan KRL mengalami gangguan. Genangan air setinggi 30 cm menggenangi sejumlah ruas rel, yakni di jalur 6 Stasiun Tanah Abang, di Stasiun Kemayoran, Stasiun Kampung Bandan, serta di Stasiun Jakarta Kota.

”KRL lintas Serpong hanya sampai Stasiun Palmerah. KRL Bogor/Depok/Bekasi tujuan Jakarta Kota hanya sampai Manggarai. KRL jalur lingkar juga berhenti di Manggarai,” kata Manajer Komunikasi PT KCJ Eva Chairunisa.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengingatkan, tinggi banjir makin meningkat di beberapa wilayah, khususnya di Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat.

Warga di sepanjang bantaran Sungai Ciliwung, yaitu di Kampung Pulo, Gang Arus, dan Pengadegan, harus waspada banjir. Banjir masih menggenangi air mancur di depan Indosat arah Jalan Abdul Muis setinggi 50 cm sehingga tidak bisa dilewati. Banjir di Kelapa Gading dan Sunter juga makin naik.

Masyarakat perlu waspada, imbau Sutopo. Dia menekankan, situasi tak terkendali bukan saja karena luapan sungai, melainkan juga buruknya drainase perkotaan dan tata ruang.

(MDN/ART/JAL/FRO/BRO/B09)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: