Home » Kualitas infrastruktur » project infratruktur » Ahok Pastikan Proyek LRT Tak Bakal Mangkrak Seperti Monorel Jakarta

Ahok Pastikan Proyek LRT Tak Bakal Mangkrak Seperti Monorel Jakarta

Semoga Koh.. kalau sampai mangkrak lagi Jakarta bakal
Dewi Rachmat Kusuma – detikfinance
Selasa, 14/07/2015 18:46 WIB
Ahok Pastikan Proyek LRT Tak Bakal Mangkrak Seperti Monorel JakartaLRT di Kuala Lumpur, Malaysia (Foto: Wikipedia)

Jakarta Bakal Dikelilingi LRT
Jakarta -Tak lama lagi proyek Light Rail Transit (LRT) akan mulai dibangun. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memastikan proyek ini tidak mandek seperti monorel Jakarta.

“Oh nggak (seperti monorel), ini LRT pasti jalan,” ujar Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di kantornya usai buka bersama para pengusaha DKI Jakarta yang tergabung di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIMPI) Jakarta Raya (Jaya), Selasa (14/7/2015).

Saat ini tarif LRT masih dihitung, tapi Ahok menyebut tarifnya kisaran tengah dari Rp 10.000 dan Rp 20.000.

“Rp 15.000 lah, jadi antara Rp 10.000-20.000,” jelasnya.

Seperti diketahui, Ahok sudah menugaskan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) membangun kereta ringan atau LRT di Ibu Kota. Sarana transportasi ini diharapkan bisa beroperasi sebelum Asian Games

Ingin Bersaing di Tingkat Dunia, Ahok Suntik Rp 50 T ke Penggarap LRT

Dewi Rachmat Kusuma – detikfinance
Selasa, 14/07/2015 18:28 WIB
Ingin Bersaing di Tingkat Dunia, Ahok Suntik Rp 50 T ke Penggarap LRTLRT di Kuala Lumpur, Malaysia (Foto: backpackingmalaysia.com)
Jakarta -Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berniat menyuntikkan modal maksimal Rp 50 triliun ke PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Sebagian dananya akan dipakai untuk membangun proyek Lights Rail Transit (LRT).”Kami akan menggelontorkan uang Rp 40-50 triliun penyertaan modal ke Jakpro, bukan swasta. Niat kita bukan mencari untung tapi bagaimana menciptakan inkubator-inkubator yang bisa bersaing di tingkat ASEAN dan dunia,” kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Ahok menyampaikan hal tersebut di hadapan para pengusaha DKI Jakarta yang tergabung di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIMPI) Jakarta Raya (Jaya) sambil buka bersama di kantornya, Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (14/7/2015).

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membangun LRT yang berputar-putar di Ibu Kota. Ahok menargetkan pembangunannya bisa dimulai tahun ini.

Saat ini, Pemprov DKI masih mengurus segala keperluan proyek LRT tersebut, mulai dari aspek hukum hingga pembiayaan. Keberadaan LRT di Jakarta dinilai sudah mendesak di tengah kemacetan yang luar biasa.

LRT adalah alat transportasi massal berbasis rel, sama seperti kereta api yang konstruksinya lebih ringan. Jenis kereta ringan ini banyak digunakan di berbagai negara Eropa dan Amerika, bahkan di negara tetangga, seperti Singapura dan Kuala Lumpur.

Berikut ini tujuh koridor alias rute LRT yang diusulkan Pemprov DKI. Klik di sini untuk petanya.

(ang/hen)

Ini 7 Rute LRT Jakarta Usulan Ahok, Lewat Rumah Anda Tidak?

Angga Aliya – detikfinance
Selasa, 14/07/2015 11:30 WIB
Ini 7 Rute LRT Jakarta Usulan Ahok, Lewat Rumah Anda Tidak?
Jakarta -Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun Light Rail Transit (LRT) yang berputar-putar di Ibu Kota. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menargetkan pembangunannya bisa dimulai tahun ini.Saat ini, Pemprov DKI masih mengurus segala keperluan proyek LRT tersebut, mulai dari aspek hukum hingga pembiayaan. Keberadaan LRT di Jakarta dinilai sudah mendesak di tengah kemacetan yang luar biasa. 

LRT adalah alat transportasi massal berbasis rel, sama seperti kereta api yang konstruksinya lebih ringan. Jenis kereta ringan ini banyak digunakan di berbagai negara Eropa dan Amerika, bahkan di negara tetangga, seperti Singapura dan Kuala Lumpur.

Berikut ini tujuh koridor alias rute LRT yang diusulkan Pemprov DKI seperti dikutip detikFinance dari dokumen LRT Pemprov DKI, Selasa (14/7/2015).

  1. Kebayoran Lama-Kelapa Gading (21,6 km)
  2. Tanah Abang-Pulo Mas (17,6 km)
  3. Joglo-Tanah Abang (11 km)
  4. Puri Kembangan-Tanah Abang (9,3 km)
  5. Pesing-Kelapa Gading (20,7 km)
  6. Pesing-Bandara Soekarno-Hatta (18,5 Km)
  7. Cempaka Putih-Ancol (10 km).

Selain LRT usulan Ahok, akan dibangun juga koridor Cibubur-Cawang-Grogol oleh pemerintah pusat yang menugaskan konsorsium PT Adhi Karya Tbk (ADHI).

(ang/dnl)

++++

Ini Dia Peta Rute LRT Jakarta Usulan Ahok

Angga Aliya – detikfinance
Selasa, 14/07/2015 14:37 WIB
Ini Dia Peta Rute LRT Jakarta Usulan AhokLRT di Los Angeles, AS (Foto: Reuters)
Jakarta -Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun Light Rail Transit (LRT) yang berputar-putar di Ibu Kota. Ada tujuh rute yang akan beroperasi.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menargetkan pembangunan LRT bisa dimulai tahun ini. Dua rute awal, yaitu Kebayoran Lama- Kelapa Gading dan Kemayoran-Bandara Soekarno Hatta diprediksi beroperasi 2018.

Saat ini, Pemprov DKI masih mengurus segala keperluan proyek LRT tersebut, mulai dari aspek hukum hingga pembiayaan. Keberadaan LRT di Jakarta dinilai sudah mendesak di tengah kemacetan yang luar biasa. 

Berikut ini peta rute LRT usulan Ahok seperti dikutip dari Dokumen LRT Pemprov DKI, Selasa (14/7/2015). 

(ang/dnl)

2018.

(ang/hen)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s