Home » Jakarta Pedestrian » Sungai Keren dan Bersih di Dekat Epicentrum Ternyata Memang Dikelola Swasta

Sungai Keren dan Bersih di Dekat Epicentrum Ternyata Memang Dikelola Swasta

M Iqbal – detikNews
Sungai Keren dan Bersih di Dekat Epicentrum Ternyata Memang Dikelola SwastaFoto: M Iqbal
Jakarta – Sungai Epicentrum di Jakarta menjadi referensi salah satu sungai yang berhasil ditata rapi menjadi taman nan asri. Pemprov DKI menerangkan bahwa sungai itu dikelola oleh swasta untuk kepentingan bisnis.

“Sungainya di-treatment supaya airnya bersih, swasta yang bantu. Ya Bakrie untuk perawatannya karena kan itu untuk lingkungan mereka,” kata Kepala Dinas Tata Air Pemprov DKI Tri Djoko kepada detikcom, Kamis (3/8/2015).

Foto: M Iqbal

Tri menerangkan, memang ada aliran sungai yang melintasi kawasan Epicentrum, namun pihak swasta mengubah sepanjang sekitar 100 meter menjadi sungai bersih dengan pintu air pada kedua ujungnya lengkap dengan taman indah.

“Itu kan kaitan (bisnis) Kuningan yang dikelola Bakrie, sebagian dari marketing mereka,” ucapnya.

Apakah Pemprov DKI ada rencana men-treatment beberapa titik sungai di Jakarta menjadi seperti di Epicentrum? “Tahun ini belum,” jawab Tri.

Potongan sungai indah itu terletak di kawasan bisnis Rasuna Epicentrum, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Sungai yang disulap menjadi taman itu memiliki lebar sekitar 8 meter yang ditanami ikan mas. Keberadaan taman ini memperlihatkan bahwa pusat bisnis ini tidak hanya sekadar berisi gedung-gedung tinggi seperti  Bakrie Tower, Epiwalk, satu gedung yang masih dibangun serta Apartemen Taman Rasuna, tapi juga tempat terbuka bagi publik melepas lelah. Berharap semakin banyak tempat seperti ini di Jakarta. 
(bal/dra)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s