Home » Kualitas Air dan sungai » Pemerintah Kesulitan Memindahkan Penduduk Waduk Pluit

Pemerintah Kesulitan Memindahkan Penduduk Waduk Pluit

Koran tempo RABU, 23 SEPTEMBER 2015

JAKARTA – Kendati telah dibersihkan, masih ada 5.000 unit rumah di bantaran Waduk Pluit, Jakarta Utara. Pemerintah kesulitan memindahkan mereka karena belum ada rumah susun untuk menampungnya, seperti tahap pertama relokasi ke Muara Baru.

Pemerintah menargetkan hingga akhir tahun ada 2.000 rumah yang dirobohkan. “Penghuninya minta kalau dipindahkan jangan terlalu jauh,” kata Camat Penjaringan Yani Wahyu Purwoko, Senin lalu.

Baru 755 bangunan yang diratakan. Sebanyak 1.245 lainnya baru tahap sosialisasi. Tak seperti penduduk lain yang digusur, pemukim liar ini antusias menunggu rumah baru mereka dibuatkan pemerintah. Penduduk di sini umumnya bekerja sebagai nelayan dan buruh di pelabuhan perikanan Samudera.

Pemerintah, kata Yani, kesulitan mencari lahan di sekitar area Waduk Pluit yang bisa digunakan untuk pembangunan rumah susun. “Sampai sekarang belum mendapat lahan,” kata dia.

Yani memperkirakan perlu puluhan rumah susun untuk menampung ribuan penduduk itu, dengan estimasi masing-masing lantai sebanyak 100 unit. Sampai saat ini, kata Yani, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Dinas Perumahan untuk mencari lahan yang pas.

Sekretaris Camat Penjaringan, Muhammad Andri, menambahkan, penghuni rumah susun Muara Baru hanya 1.200 keluarga. Total bangunan liar yang berada di sekitar Waduk Pluit mencapai 10 ribu unit.

Bangunan yang sudah diratakan berjumlah 3.000 di sisi barat waduk. Semua bangunan liar diperkirakan hilang dari sana pada Juni 2016.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Utara, Iyan Sofyan Hadi, mengatakan siap jika diminta menggusur penduduk di bantaran Waduk Pluit untuk menyelesaikan tahap satu ini sesuai dengan jadwal. “Tapi belum ada rencana lagi dalam waktu dekat,” kata dia. AVIT HIDAYAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s