Home » Kualitas infrastruktur » 47 Persen Sekolah di Jakarta Tak Layak untuk Belajar

47 Persen Sekolah di Jakarta Tak Layak untuk Belajar

Koran Tempo
RABU, 20 JANUARI 2016

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan sebanyak 47 persen sekolah di Jakarta tak layak jadi tempat belajar-mengajar. “Bangunan saja jelek,” kata Ahok dalam acara deklarasi Program Sekolah Aman, di Balai Kota, Jakarta, kemarin. 

Dia berpesan agar Dinas Pendidikan lebih memperhatikan sarana dan prasarana sekolah serta menjamin keselamatan para peserta didik. “Tidak boleh ada lagi sekolah jelek,” kata dia. 

Wakil Kepala Dinas Pendidikan Bowo Irianto tak menampik jika dikatakan masih banyak sekolah yang tak layak di Jakarta. “Karena kami mengurusi hampir 2.000 sekolah berbagai tingkat,” kata dia. 

Selama setahun anggaran, kata Bowo, tidak semua sekolah yang rusak bisa ditangani sekaligus. Siklus rehab sekolah berlangsung sepuluh tahun sekali untuk satu sekolah. Pada 2016, jumlah sekolah yang diperbaiki sebanyak 149. Dengan demikian, dalam sepuluh tahun hanya 1.490 sekolah yang diperbaiki. 

Bangunan sekolah yang tak layak umumnya karena usia. Rehab yang dilakukan tahun ini berupa rehab sedang, rehab berat, hingga rehab total. 

Untuk mempercepat perbaikan, Dinas Pendidikan akan membuat sistem zona terhadap sekolah-sekolah itu. “Kami bagi menjadi empat zona. Masingmasing zona akan dikerjakan oleh satu pemenang lelang,” kata dia. 

Misalnya, Zona 1 adalah Jakarta Timur dan Pusat. Dalam proses lelang, akan dicari satu pemenang yang akan mengerjakan rehab di zona tersebut. Dengan pembagian zona ini, Dinas berharap akan didapat pemenang lelang yang punya kapabilitas dan kualitas dalam pekerjaannya. “Nilai proyeknya kan bisa ratusan miliar, tentu yang bisa mengerjakannya pasti perusahaan yang bonade,” kata Bowo. 

Selain merapikan persoalan fisik bangunan, Dinas menyiapkan program sekolah aman bencana. Menurut dia, bencana yang mengancam sekolah di Jakarta antara lain adalah banjir, kebakaran, kecelakaan, hingga gempa. Pedoman program sekolah aman disusun Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI dan lembaga swadaya. “Kami punya 62 sekolah yang sudah menerapkan sekolah aman,” kata dia. NINIS CHAIRUNNISA | AHMAD FAIZ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s