Home » Fasilitas » Gelora Bung Karno Bersolek

Gelora Bung Karno Bersolek

semoga jadi cantik dan bertahan lama… Karena dikelola (dikangkangi)oleh Setneg hasilnya adalah Golora Bung Karno makin busuk dan mall+ hotel +apartemen  mewah berdiri megah di tanah negara.. Bravo Setneg !  Ingat ! Yusril Ihza Mahendra pernah jadi menteri Setneg, apa saja yang pernah dia jual di sana !

 

SELASA, 08 MARET 2016

 Gelora Bung Karno Bersolek

JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla tak lagi bisa bermain golf bersama cucu-cucunya di Golf Driving Range, Senayan, saban Sabtu pagi. General Affair Manager PT Adil Andaru-pengelola lapangan golf itu-Taufik Hidayat mengatakan Kalla merupakan satu dari 500-an pelanggan yang kehilangan tempat berlatih. “Sekretariat Negara sebagai pemilik lahan tak lagi memperpanjang kontrak 25 tahun dengan kami,” kata Taufik kepada Tempo, Rabu dua pekan lalu.

Pemerintah menyetop kontrak dengan pihak ketiga karena hendak membenahi kawasan Senayan menjelang perhelatan olahraga Asian Games 2018. Nantinya, lapangan golf seluas 4,6 hektare itu disulap menjadi hutan kota yang tersambung dengan stasiun mass rapid transit. Kompleks Gelora Bung Karno juga direnovasi besar-besaran dengan anggaran Rp 500 miliar dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Pengerjaannya ditangani Kementerian Pekerjaan Umum.

Direktur Bina Penataan Bangunan Direktorat Jenderal Cipta Kementerian Pekerjaan Umum, Adjar Prajudi, mengatakan renovasi dimulai bulan ini. Sejatinya, pembenahan berlangsung besar-besaran sekaligus untuk melengkapi sarana olahraga dengan teknologi modern. Belakangan niat itu batal demi mengejar target selesai Agustus 2017. “Kompleks Gelora Bung Karno tetap seperti awal dibangun pada 1962, hanya diperindah dan dirapikan,” kata Adjar.

Total 14 arena bakal direnovasi, di antaranya Stadion Utama Gelora Bung Karno, Lapangan Tenis Indoor dan Outdoor, Gedung Stadion Madya, Gedung Basket, Lapangan Hoki, dan Lapangan Panahan. Kemudian Lapangan Sepak Bola A/B/C, Stadion Renang, Istora Senayan, Lapangan Softball Pintu I, Gedung Bulu Tangkis (Hall ABC), Gedung Bola Voli, Lapangan Softball Cemara III, dan Lapangan Bulu Tangkis.

Stadion Renang, misalnya, diubah menjadi aquatic center berstandar Olimpiade. Jumlah jalur renang dari 8 akan menjadi 10 jalur. Arena itu pun dibuat tertutup. Di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kementerian Pekerjaan Umum mengurangi tempat duduk penonton demi keamanan. Untuk pertandingan Piala Asia 2007, kapasitas penonton dipotong dari 100 ribu menjadi 80 ribu kursi. Nantinya, jumlah itu disusutkan lagi menjadi 60 ribu tempat duduk.

Adjar melanjutkan, renovasi juga mencakup perbaikan gerbang, loket stadion utama, jalur pedestrian, tempat parkir, pagar, tempat duduk, toilet, penanda kawasan, food court, playground, outdoor gym, dan tempat sampah.

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno, Winarto, mengatakan beberapa arena akan ditutup secara bertahap selama renovasi. Stadion Renang tak beroperasi sejak awal Desember 2015 hingga dua tahun ke depan. Pengurus besar cabang olahraga yang kebanyakan menyewa kantor di area Gelora Bung Karno pun disarankan mencari tempat baru. “Semua harus rampung sebulan sebelum pre-event Asian Games pada September 2017,” ujarnya. Adapun pesta olahraga negara-negara Asia itu bakal digelar pada 18 Agustus-2 September 2018.INDRI MAULIDAR

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s