Home » Jakarta Pedestrian » Proyek Vital Jakarta Tertunda

Proyek Vital Jakarta Tertunda

KAMIS, 06 OKTOBER 2016

 Proyek Vital Jakarta Tertunda

JAKARTA – Pemerintah DKI Jakarta menunda beberapa proyek karena berkurangnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan 2016. Anggaran total berkurang Rp 4,25 triliun menjadi Rp 62,91 triliun.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Tuty Kusumawati, mengatakan proyek yang ditangguhkan tersebar hampir di semua satuan kerja perangkat daerah. Setiap dinas, badan, dan biro diminta melaporkan kegiatan konstruksi dan non-konstruksi yang tak bisa diselesaikan pada tahun ini.

Laporan itu menjadi dasar pertimbangan anggaran yang dicoret. “Jadi, mereka sendiri yang menyatakan proyeknya tak bisa dilaksanakan,” kata Tuty kemarin.

Menurut Tuty, anggaran Jakarta berkurang lantaran tersendatnya transfer dana bagi hasil 2015 dari pemerintah pusat. Dari perkiraan Rp 7,9 triliun, Jakarta hanya menerima Rp 4,9 triliun. Meski penerimaan berkurang dan proyek tertunda, ia optimistis penyerapan anggaran membaik. Tuty memperkirakan angka penyerapan tembus 90 persen.

Kepala Dinas Tata Air Teguh Hendrawan mengungkapkan, berkurangnya anggaran membuat rencana pembangunan waduk tertunda. Instansinya semula mengajukan anggaran Rp 1 triliun untuk membebaskan lahan waduk di Pondok Ranggon dan Kampung Rambutan di Jakarta Timur serta di Marunda, Jakarta Utara.

Lantaran rencana itu belum terlaksana, Teguh memprediksi beberapa wilayah masih dilanda banjir. Teguh mencontohkan, di Pondok Ranggon, Dinas Tata Air berencana membangun tiga waduk seluas 18,5 hektare. Waduk itu berfungsi mencegah banjir di kawasan Halim, Cipinang, dan Kelapa Gading akibat luapan air Kali Sunter.

Pembebasan lahan untuk waduk Marunda di Kelurahan Cilincing, Kecamatan Marunda, Jakarta Utara, juga mandek. Teguh mengatakan waduk seluas 22 hektare itu sedianya menjadi “tempat parkir” air dari Kanal Banjir Barat sebelum mengalir ke laut. “Sebelum ada waduk, kami andalkan pompa dulu,” ucap dia.

Pembangunan jalan juga tertunda. Dinas Bina Marga membatalkan tiga proyek jalan tahun ini. Salah satu proyek tersebut adalah pembangunan terowongan Santa di Jakarta Selatan senilai Rp 106 miliar.

Dua proyek lainnya adalah pembangunan simpang tak sebidang di Jembatan Tiga, Pluit, Jakarta Utara, dengan nilai kontrak Rp 70 miliar dan pembangunan simpang tak sebidang di Jalan Panjang, Jakarta Barat, senilai Rp 154 miliar.

Dua proyek tersebut ditunda lantaran Dinas Bina Marga harus merombak desain jalan. “Sedangkan proyek lainnya aman,” kata Kepala Dinas Bina Marga Yusmada Faizal.

Dinas Pendidikan pun menunda rehabilitasi beberapa sekolah. Selain terbentur anggaran, Wakil Kepala Dinas Pendidikan, Bowo Irianto, mengatakan pembangunan sekolah tersandung soal penghapusan aset. Akibatnya, kata Bowo, rehabilitasi total dan lanjutan 45 sekolah diundur hingga tahun depan. “Ketimbang mangkrak, kami tunda dulu,” ujarnya.

Dalam rapat paripurna APBD Perubahan 2016, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan menyoroti batalnya rehabilitasi sekolah ini. Wakil Sekretaris Fraksi PPP, Samsudin, mengatakan lelang konsolidasi yang digagas pemerintah seharusnya bisa mempercepat pengadaan jasa. “Kalau lelangnya gagal, berarti sistemnya gagal,” kata dia.

Koreksi Target

Berikut ini beberapa proyek yang ditunda hingga tahun depan:

Dinas Bina Marga

» Pembangunan terowongan Santa, Jakarta Selatan

» Pembangunan simpang tak sebidang di Jembatan Tiga, Pluit, Jakarta Utara

» Pembangunan simpang tak sebidang Jalan Panjang, Jakarta Barat

Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah Daerah

» Rumah susun Cengkareng Barat, Jakarta Barat

» Rumah susun di lahan sekitar Waduk Pluit dan Muara Baru, Jakarta Utara

» Rumah susun di Kelurahan Pondok Pinang, Jakarta Selatan

» Rumah susun di lahan eks kantor Suku Dinas Kebersihan Jakarta Timur

Dinas Tata Air

» Pembebasan lahan waduk di Pondok Ranggon, Jakarta Timur

» Pembebasan lahan waduk di Marunda, Jakarta Utara

» Pembebasan lahan waduk di Kampung Rambutan, Jakarta Timur

» Pengerukan Waduk Rawa Kendal, Jakarta Utara

» Pengerukan Waduk Brigif, Jakarta Selatan

Dinas Pendidikan

» Rehab total gedung SDN Kebon Sirih 04/08

» Rehab total gedung SDN Johar Baru 09

» Rehab total gedung SMPN 10 Jakarta Pusat

» Rehab total gedung SDN Kebagusan 05

» Rehab total gedung SDN Ulujami 06

– Rehab total gedung SDN Kalibata 08

– Lanjutan penyelesaian rehab total gedung SMPN 164

– Rehab total gedung SDN Cipinang Melayu 04

– Rehab total gedung SDN Kramat Jati 12

– Rehab total gedung SMPN 44 Jakarta Timur

– Rehab total SMPN 260 Kepulauan Seribu

NINIS CHAIRUNNISA | LINDA HAIRANI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s